Gubernur Jambi Tak Ingin Rakernas APDESI Berbau Politis, Ada Anies?

Anies tiba di Jambi hari ini

Jakarta, IDN Times - Kedatangan Anies Baswedan di Bandara Sultan Thaha, Jambi, Rabu (26/7/2023) menjadi sorotan. Kedatangan Anies ke Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Rakernas APDESI), dianggap bertolak belakang dengan pernyataan Gubernur Jambi, Al Haris, yang sebelumnya mengatakan tak akan ada bakal calon presiden (bacapres) yang diundang.

Al Haris menyampaikan hal tersebut lantaran tak ingin Rakernas APDESI, yang diagendakan berlangsung pada 23 hingga Kamis (27/7/2023) berbau politik.

1. Gubernur Jambi tak ingin Rakernas APDESI berbau politik

Gubernur Jambi Tak Ingin Rakernas APDESI Berbau Politis, Ada Anies?Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Indonesia, Anies Baswedan saat wawancara khusus di acara Real Talk with Uni Lubis, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Melansir ANTARA, Al Haris mengimbau agar Rakernas APDESI di wilayahnya tidak mengundang Bacapres. Hal itu dinyatakan Al Haris karena dia tak ingin kegiatan yang dihadiri kepala desa seluruh Indonesia itu malah bernuansa politis.

"Awalnya, Rakernas Apdesi di Jambi pada Rabu (26/7/2023) itu, rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo. Namun, Presiden pada waktu yang bersamaan sedang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri, sehingga berkemungkinan tidak hadir," ujar Al Haris pada Selasa (25/7/2023) mengutip ANTARA.

Baca Juga: Anies Baswedan: Lupakan Peta Pilpres 2019, Fokus Perubahan

2. Anies tiba kemarin

Gubernur Jambi Tak Ingin Rakernas APDESI Berbau Politis, Ada Anies?Bakal Calon Presiden (Capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan saat bertemu relawan di Kabupaten Pangandaran. (dok. IDN Times/Istimewa)

Anies sudah tiba di Jambi kemarin (26/7/2023). Anies hadir sebagai tamu undangan panitia untuk menyampaikan materi bertajuk "Menjaga Desa Mmebangun Bangsa" bagi para peserta.

Ketika tiba di Bandara Sultam Thaha, Anies disambut para relawannya. Bacapres dari partai NasDem itu dapat sambutan meriah dari para pendukungnya yang sudah menunggu di bandara.

3. Hajatan milik kepala desa

Gubernur Jambi Tak Ingin Rakernas APDESI Berbau Politis, Ada Anies?Bakal calon presiden 2024, Anies Baswedan (IDN Times/Amir Faisol)

Saat ditanyai soal persiapan sebelum Rakernas APDESI dimulai, Al Haris mengatakan seluruh acara diserahkan kepada APDESI. Al Haris menegaskan, Jambi hanya berperan sebagai tuan rumah dalam rakernas APDESI 2023.

"Ini raker biasa dan mereka para kepala desa yang punya hajat, Pemprov Jambi hanya sebagai tuan rumah," kata Al Haris.

Baca Juga: Ditanya soal Bursa Cawapres Anies Baswedan, Khofifah hanya Tersenyum

Topik:

  • Satria Permana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya