Hadiri KTT ASEAN 2021, Otak Kudeta Myanmar Tiba di Indonesia

Situasi di Myanmar akan dibicarakan dalam ALM 2021 hari ini

Jakarta, IDN Times - Panglima junta militer Myanmar Jendral Min Aung Hlaing tiba di Indonesia hari ini, Sabtu (24/4/2021) pukul 11.00 WIB di Bandara Soeakarno-Hatta, Tangerang, Banten. Jendral Min Aung Hlaing tiba di Tanah Air untuk menghadiri ASEAN Leaders' Meeting (ALM) 2021.

Kedatangan Jendral Min Aung Hlaing disambut Duta Besar Myanmar untuk Indonesia Ei Ei Khin Aye dan Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto

Rombongan Panglima Militer Myanmar akan terlebih dahulu menjalani tes usap PCR sebelum meneruskan perjalanan menuju lokasi pertemuan di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta.

Min Aung Hlaing ialah sosok paling kontroversial saat ini. Ia merupakan otak dibalik kudeta pemerintahan sipil Myanmar yang dipimpin Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu.

Baca Juga: Otak Kudeta Myanmar Min Aung Hlaing akan Hadiri KTT ASEAN di Jakarta

1. Myanmar akan jadi pembahasan dalam KTT ASEAN 2021

Hadiri KTT ASEAN 2021, Otak Kudeta Myanmar Tiba di IndonesiaPanglima Militer Myanmar Jendral Min Aung Hlaing tiba di Indonesia (IDN Times/Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Pertemuan ASEAN Leaders' Meeting 2021 ini diketahui akan membahas mengenai kondisi pelik yang terjadi di Myanmar. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers daring yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Jumat (23/4/2021) kemarin.

"Kita tentunya berharap agar ALM besok (24/4/2021) akan mencapai kesepakatan mengenai langkah-langkah yang baik bagi rakyat Myanmar dan membantu Myanmar keluar dari situasi yang delicate ini," ujar Retno dalam keterangan persnya.

Baca Juga: Jelang KTT ASEAN Bahas Kudeta, Ini Harapan Duta Besar Myanmar di PBB

2. ALM 2021 jadi bukti kekhawatiran ASEAN terhadap situasi di Myanmar

Hadiri KTT ASEAN 2021, Otak Kudeta Myanmar Tiba di IndonesiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Retno menegaskan, pertemuan ALM 2021 ini merupakan pertemuan fisik perdana para pemimpin negera ASEAN selama masa pandemik COVID-19 mewabah di seluruh dunia.

"Komitmen para pemimpin untuk bertemu secara fiksik merupakan refleksi kekhawatiran yang dalam ASEAN terhaap sitausi yang terjadi di Myanmar," ujar Retno. "Dan tekat ASEAN untuk membantu Myanmar keluar dari krisis ini," sambung dia lagi.

3. Sejumlah petinggi negara ASEAN sudah tiba di Indonesia

Hadiri KTT ASEAN 2021, Otak Kudeta Myanmar Tiba di IndonesiaMenteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai tiba di Indonesia untuk mengikuti ASEAN Leaders' Meeting 2021 (Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Sejumlah petinggi negara tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten sejak pagi tadi.

Adapun para pemimpin negara yang sudah hadir adalah Perdana Menteri Malaysia Muhyidding Yassin, Menteri Luar Negeri Laos Saleumxay Kommasith, Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Sehari sebelumnya dua petinggi negara ASEAN lainnya juga sudah tiba di Tanah Air. Pemimpin Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah dan Perdana Menteri (PM) Kamboja, Hun Sen, tiba di Indonesia pada Jumat (23/4/2021) kemarin.

Baca Juga: KTT ASEAN 2021, PM Malaysia hingga Singapura Sudah Tiba di Indonesia

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya