Korban Dugaan Pelecehan Seksual Gofar Hilman Minta Maaf, Ada Apa?

LBH Apik dan Komnas Perempuan belum memberikan tanggapan

Jakarta, IDN Times - Nama Gofar Hilman kembali jadi perbincangan publik. Pemilik akun Twitter @quweenjojo yang diduga korban dugaan pelecehan seksual tiba-tiba mengunggah video permintaan maaf kepada Gofar Hilman atas tuduhannya pada pertengahan 2021. 

"Saya Hafsyarina atau yang biasa dipanggil Syerin juga pemilik akun @quweenjojo, pada hari ini tanggal 10 Februari 2022, saya ingin mengklarifikasi cuitan yang saya buat di tanggal 8 Juni 2021 yang menuduh Gofar Hilman sebagai pelaku pelecehan seksual, saya ingin mengklarifikasi bahwa hal tersebut tidak benar adanya dan video klarifikasi ini dibuat tanpa paksaan dari siapapun atau pihak manapun," ujar perempuan dalam video yang diunggah di Akun Twitter @quweenjojo pada Jumat (11/2/2022) malam.

Pengakuan pemilik akun Twitter @quweenjojo ini tentu membuat banyak pihak terkejut. Terlebih karena pengakuannya, beberapa diduga korban pelecehan seksual Gofar Hilman lainnya ikut buka suara dan meminta pendampingan.

Berikut pengakuan lengkap Hafsyarina di media sosial dan tanggapan dari LBH Apik dan Komnas Perempuan kepada IDN Times.

1. Diduga korban mengaku berhalusinasi

Korban Dugaan Pelecehan Seksual Gofar Hilman Minta Maaf, Ada Apa?Ilustrasi pelecehan seksual (IDN Times/Mardya Shakti)

Hafsyarina mengaku mengarang cerita berdasarkan imajinasinya terkait dugaan pelecehan seksual yang dialaminya. Dia juga mengaku saat itu berada di bawah pengaruh alkohol. Kisah pelecehan seksual lain kala itu disebut Hafsyarina men-trigger dirinya untuk menuliskan cuitannya kala itu.

"Saya bertemu Gofar Hilman dan berniat untuk mengambil video selfie dan disambut oleh Gofar, hanya dirangkul, dan pada 8 Juni kenapa saya meng-tweet hal seperti itu karena adanya pancingan atau trigger dari cerita-cerita pelecehan seksual lainnya dan ada delusi atau dorongan internal yang imajinatif dalam diri saya untuk menceritakan hal tersebut ke publik," ujar Hafsyarina.

Baca Juga: Gofar Hilman Siap ke Ranah Hukum soal Skandal Dugaan Pelecehan

2. Utarakan permohonan maaf kepada pihak Gofar Hilman

Korban Dugaan Pelecehan Seksual Gofar Hilman Minta Maaf, Ada Apa?Gofar Hilman (instagram.com/pergijauh)

Hafsyarina mengucapkan permohonan maaf. Dia mengaku tak menyangka cuitannya kala itu akan menjadi viral dan merugikan.

"Dan video ini saya juga ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada Gofar Hilman, keluarga Gofar Hilman, juga seluruh pihak yang terdampak atas thread yg tidak bisa saya pertanggung jawabkan dan saya gak nyangka hal itu bisa viral atau heboh," kata Hafsyarina.

3. LBH APIK dan Komnas Perempuan enggan berkomentar

Korban Dugaan Pelecehan Seksual Gofar Hilman Minta Maaf, Ada Apa?IDN Times/Dini suciatiningrum

Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) sempat turun tangan menangani kasus yang menyeret nama MC dan penyiar radio Gofar Hilman ini. LBH Apik bahkan sempat mengaku sudah menerima 8 aduan kasus terkait dengan pelecehan seksual yang dituduhkan kepada Gofar Hilman.

Terkait video klarifikasi korban, LBH APIK masih menolak memberi pernyataan lebih lanjut.

"Saat ini kami belum bisa kasih statement apa-apa dulu ya karena lagi rapat sama korban-korban yang lain juga, kalau sudah ada keputusan kita akan buat rilis bersama nanti," ujar Direktur LBH ASPIK, Siti Mazuma saat dihubungi IDN Times pada Sabtu (12/2/2022).

Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menyatakan mendukung posko aduan bagi mereka yang diduga menjadi korban pelecehan seksual Gofar Hilman. Terkait dengan permintaan maaf korban yang viral, Komnas Perempuan pun masih enggan menyampaikan pernyataan lebih lanjut mengenai hal-hal terkait kasus ini.

"Saya sampaikan ke disposisi media KP dulu ya kak. Kami sedang menyatukan informasi dan lainnya," ujar Komisaris Komnas Perempuan, Siti Aminah Tardi saat dihubungi IDN Times pada Sabtu (12/2/2022).

 

Baca Juga: LBH APIK Sebut Terima Banyak Aduan Kasus Dugaan Pelecehan Gofar Hilman

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya