Penjelasan Garuda Indonesia soal Tulisan Jokowi di Badan Pesawat

Ada ucapan terima kasih pada Presiden di badan pesawat

Jakarta, IDN Times - Terkait kata-kata "Terima kasih Pak Jokowi" di badan pesawat Garuda Indonesia yang digunakan untuk penerbangan jemaah haji, pihak maskapai akhirnya buka suara.

Menurut pihak maskapai Garuda Indonesia, hal ini dilakukan untuk kepentingan pelepasan penerbangan perdana jemaah calon haji 2019, yang semula direncanakan akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Ucapan terima kasih di badan pesawat Garuda tersebut sempat viral di media sosial. Presiden Jokowi akhirnya dikabarkan batal hadir untuk memberangkatkan jemaah calon haji.

1. Ucapan terima kasih dilakukan untuk pemberangkatan jemaah haji perdana

Penjelasan Garuda Indonesia soal Tulisan Jokowi di Badan PesawatIDN Times/Holy Kartika

Kata-kata ucapan terima kasih yang ditujukan pada Jokowi di badan pesawat Garuda Indonesia disebut hanya sebagai bentuk apresiasi kepada Presiden, atas penambahan kuota haji tahun ini.

"Bahwa tulisan ucapan terima kasih tersebut dituliskan di badan pesawat penerbangan perdana haji embarkasi Solo, sebagai ucapan terima kasih kepada Bapak Presiden RI. Karena direncanakan akan melepas keberangkatan dan penerbangan pertama jemaah haji embarkasi Solo, dan atas penambahan kuota jemaah haji kita," kata Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M Ikhsan Rosan seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/7).

Baca Juga: Calon Haji Asal Blora Meninggal saat Perjalanan Menuju Madinah

2. Usai pelepasan jemaah haji, badan pesawat kembali dibersihkan

Penjelasan Garuda Indonesia soal Tulisan Jokowi di Badan PesawatIDN Times/Helmi Shemi

Menurut Ikhsan, tulisan tersebut hanya digunakan sementara pada momen pelepasan keberangkatan jemaah calon haji. Setelahnya badan pesawat akan kembali dibersihkan.

"Ucapan terima kasih di badan pesawat juga dibuat untuk kepentingan hari pelepasan saja, setelah itu badan pesawat dibersihkan kembali," kata dia.

Jokowi tidak bisa hadir pada acara tersebut karena jadwal berubah dan alasan lainnya.

3. Ada juga pelepasan jemaah calon haji secara budaya

Penjelasan Garuda Indonesia soal Tulisan Jokowi di Badan PesawatIDN Times/Helmi Shemi

Selain pelepasan dengan mengucapkan terima kasih pada Jokowi di badan pesawat, Ikhsan mengatakan, pelepasan penerbangan pertama juga dibarengi dengan acara pelepasan secara budaya yang sering disebut Pecah Candi.

Kloter pertama embarkasi Solo diberangkatkan pada Minggu (7/7). Lebih dari 34.000 jemaah calon haji diberangkatkan melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: [LINIMASA] Perjalanan Haji Menuju Tanah Suci Tahun 2019

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya