Survei PWS: Pendukung Prabowo Solid, Kubu Ganjar Galau

Pendukung Jokowi lebih pilih Prabowo

Jakarta, IDN Times - Hasil survei yang dilakukan Political Weather Stations (PWS) menunjukkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapat dukungan solid dari konstituen Partai Gerindra untuk menjadi Presiden Republik Indonesia. Sementara itu, pendukung Ganjar Pranowo malah tampak tengah galau dengan keputusannya bertahan bersama kader Partai PDIP itu.

Bahkan, dalam survey bertajuk  “Soliditas dan Loyalitas Konstituen 10 Partai Besar” itu, PWS menunjukkan ada kecenderungan pendukung Joko "Jokowi" Widodo lebih memilih mendukung Prabowo ketimbang Ganjar Pranowo.

Survei PWS dilaksanakan pada 10 hingga 18 Juni 2023 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel dari survei ini adalah sebesar 1.200 responden, dengan catatan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

1. Elektabilitas Prabowo lebih tinggi

Survei PWS: Pendukung Prabowo Solid, Kubu Ganjar GalauKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Berdasarkan hasil survei PWS ini, ada kecenderungan tiga nama yang bersaing untuk berebut kursi RI satu, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Dari ketiga nama tersebut, PWS menilai elektabilitas Prabowo Subianto jadi yang paling tinggi. "Jika pemilu berlangsung saat ini dan hanya diikuti oleh Prabowo, Ganjar dan Anies, Prabowo semakin dominan berkat bonus dari mengalirnya pendukung Jokowi. Sebanyak 40,5 persen responden menyatakan memilih Prabowo," tulis peneliti utama PWS, Sharazani MA dalam keterangan persnya.

Sementara itu, tercatat ada sebanyak 33,4 persen siara menjatuhkan pilihan pada Ganjar dan 20,8 persen memilih Anies.

Baca Juga: Tanggapan Prabowo soal Monolog Butet Sebut Hobi Culik: Saya Gak Dengar

2. Konstituen Gerindra solid, pendukung PDIP galau

Survei PWS: Pendukung Prabowo Solid, Kubu Ganjar GalauBakal Capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo saat takziah di rumah duka (IDN Times/Santi Dewi)

PWS juga melihat kecenderungan dukungan dari konstituen Gerindra terhadap Prabowo sebagai calon presiden terbilang solid. Sebanyak 83,8 persen pemilih Partai Gerindra mengaku akan memilih Prabowo Subianto.

Di sisi lain, pendukung PDI Perjuangan tampak masih galau untuk memilih Ganjar. Hasil survei PWS menunjukkan, hanya 49,6 persen pemilih PDI Perjuangan yang mengaku akan memilih Ganjar Pranowo. Artinya, ada 50,4 persen pemilih PDI Perjuangan masih tidak solid mendukung capres yang diusung partainya.

Selain Gerindra, partai lain yang berdasarkan hasil survei PWS terbilang solid mendukung capres yang diusung partainya adalah Partai Nasdem. Sebanyak 65,3 persen pemilih Partai Nasdem mengaku akan memilih Anies Baswedan.

3. Pendukung Jokowi lebih pilih Prabowo

Survei PWS: Pendukung Prabowo Solid, Kubu Ganjar GalauPresiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah bareng Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (9/3/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

PWS juga melihat kecenderungan pendukung Jokowi lebih memilih Prabowo ketimbang Ganjar saat ini.

Dampak dari migrasi pemilih Jokowi makin jelas saat PWS membuat simulasi head to head Prabowo versus Ganjar maupun Prabowo versus Anies. Hasil menunjukkan Prabowo leading dengan 52,4 persen disusul Ganjar dengan 40,8 persen responden, sisanya (6,8 persen) undecided.

Jika dibandingkan antara Prabowo dan Anies, Menteri Pertahanan RI itu semakin dominan dengan elektabilitas 58,2 persen berbanding 37,5 persen. Tercatat sebanyak 4,3 persen belum punya pilihan.

Baca Juga: Senyum Mega saat Terima Lagu Ganjar Siji Ganjar Kabeh dari Encik

Baca Juga: Laskar Prabowo 08 Deklarasi Dukung Prabowo Capres 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya