Comscore Tracker

Suryani Motik, Srikandi Pejuang UMKM Indonesia

Sukses berbisnis, Suryani Motik juga jago silat loh

Jakarta, IDN Times - Suryani SF Motik dikenal sebagai salah satu srikandi pejuang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Yani, begitu dia biasa disapa, menjadi sosok pebisnis wanita yang kerap menjadi inspirasi dan contoh bagi perempuan-perempuan pebisnis lainnya.

Dengan pengalaman segudang, kini Yani menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR).

Baca Juga: [CEK FAKTA] Serap 97 Persen Tenaga Kerja, UMKM Hadapi 3 Persoalan Ini

1. Ketua DPP HIPPI yang peduli UMKM

Suryani Motik, Srikandi Pejuang UMKM IndonesiaFacebook/Yani Motik

Suryani lahir di Jakarta, 17 Juli 1961. Ia dipercaya menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) pada periode 2010-2015.

Tugasnya tidak mudah. Diperlukan kerja keras untuk mengingat 4 juta lebih anggota pengusaha pribumi yang berasal dari UKM. Pengusaha-pengusaha ini diharapkan mampu bersaing secara nasional dan internasional.

2. Jago silat juga loh!

Suryani Motik, Srikandi Pejuang UMKM IndonesiaTwitter/Uni Lubis

Meski penampilannya sangat feminim, tapi hati-hati loh dengan wanita satu ini. Sibuk mengurusi bisnisnya, sosok satu ini ternyata juga jago bela diri.

Suryani piawai dalam bela diri silat. Dia bahkan sudah memegang ban cokelat di bidang bela diri silat.

3. Gigih mendirikan usahanya

Suryani Motik, Srikandi Pejuang UMKM IndonesiaTwitter/Andry Arief Bulu

Sosok Suryani dikenal sebagai pengusaha yang santun, lugas, dan juga tegas. Ia dikenal sebagai perempuan yang gigih berjuang untuk membangun usahanya dari nol.

Perjuangan Yani berbuah manis. Dia sukses menjadi pengusaha di bawah bendera Indo Prima Group. Saat ini, jiwa enterpreneur yang ada ia tularkan kepada pengusaha-pengusaha pemula lainnya. Terkhusus bagi pengusaha kecil menengah.

4. Peduli pada wanita pengusaha

Suryani Motik, Srikandi Pejuang UMKM IndonesiaRappler

Suryani juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi). Ia memiliki kepedulian lebih kepada pengusaha-pengusaha wanita.

Dilansir dari Rappler Indonesia, Yani meminta para perempuan Indonesia agar mulai berani menggunakan nama mereka untuk membangun usaha. Bukan lagi atas nama suami mereka.

Baca Juga: Ketua Kadin Jadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya