Comscore Tracker

Terus Bertambah, 6.000 Penumpang Tiba di Terminal Pulogebang Pagi Ini

Mulai ambulans hingga Damkar sudah dipersiapkan

Jakarta, IDN Times - Terminal Bus Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, dipadati penumpang yang tiba dari kampung halaman pada puncak arus balik hari ini, Minggu (9/6). Jumlah penumpang yang tiba mengalami pelonjakan signifikan sejak kemarin hingga siang ini, dan akan terus bertambah hingga malam nanti.

Kepala Satuan Pelaksana Operasional dan Kemitraan Terminal Bus Terpadu Pulogebang Emiral August mengatakan, lonjakan ini terjadi karena mulai Senin besok (10/6) masyarakat sudah mulai beraktifitas kembali seperti biasa.

1. Kedatangan penumpang melonjak tajam pada H+4 Lebaran

Terus Bertambah, 6.000 Penumpang Tiba di Terminal Pulogebang Pagi IniIDN Times/Marisa Safitri

Emiral menyebutkan sejak Minggu dini hari hingga siang ini, jumlah penumpang yang tiba di Terminal Pulogebang sudah 6.000 orang. Jumlah penumpang yang tiba di Ibu Kota akan terus bertambah, mengingat hari ini adalah puncak arus balik Lebaran 2019.

"Jumlah penumpang yang tiba sejak dini hari hingga siang ini di Terminal Pulogebang berjumlah 6.511 orang, dengan 220 kendaraan. Jumlah ini akan terus bertambah mengingat penumpang yang berasal dari Sumatera belum tiba," ujar Emiral, saat ditemui di Terminal Pulogebang, Minggu (9/6).

Baca Juga: Cegah Macet saat Arus Balik, Contraflow Disiapkan pada 8-10 Juni

2. Terminal Pulogebang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta layani pemudik

Terus Bertambah, 6.000 Penumpang Tiba di Terminal Pulogebang Pagi IniIDN Times/Marisa Safitri

Pengelola Terminal Pulogebang mengantisipasi persiapan arus balik, dengan menambah jumlah TransJakarta yang berangkat dari terminal ini.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan PT TransJakarta untuk menambah jumlah dan rute-rute yang ada, untuk pelayanan ke beberapa daerah di Jakarta," ujar Emiral.

3. Pengamanan terminal diperketat

Terus Bertambah, 6.000 Penumpang Tiba di Terminal Pulogebang Pagi IniIDN Times/Marisa Safitri

Untuk antisipasi jumlah penumpang yang terus bertambah, pengelola terminal bekerja sama dengan TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Sosial, dan Pemadam kebakaran.

"Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban, karena banyaknya jumlah penumpang," ujar Emiral, kepada IDN Times.

4. Terminal Pulogebang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Terus Bertambah, 6.000 Penumpang Tiba di Terminal Pulogebang Pagi IniIDN Times/Marisa Safitri

Selain mengantisipasi sarana transportasi dari terminal ke tempat-tempat di Jakarta, pengelola terminal juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dalam menyediakan sarana kesehatan bagi penumpang.

"Kami menyiapkan pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat yang datang ke Terminal Pulogebang yang sakit, agar langsung bisa ditangani secara gratis. Selain itu ada juga AGD atau Ambulan Gawat Darurat," kata Emiral.

Baca Juga: Arus Balik di Tol Solo ke Semarang Padat, Contra Flow Diterapkan

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You