BPJS Kesehatan Apresiasi Pemkab Sukabumi Capai Universal Health Coverage

Komitmen jamin akses layanan kesehatan lewat JKN-KIS

Jakarta, IDN Times - Direktur Perencanaan Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan, Mahlil Ruby, mengungkapkan apresiasinya terhadap Bupati Sukabumi atas kepedulian, wujud sinergitas, serta kepatuhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi terhadap undang-undang.

Pasalnya, di tengah kondisi pandemik COVID-19, Pemkab Sukabumi tetap berkomitmen menjamin akses layanan kesehatan seluruh penduduknya melalui Program JKN-KIS.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen kuat Pemkab Sukabumi, apalagi di masa pandemik COVID-19 tidak menghalangi dalam upaya terbaiknya melindungi penduduk Sukabumi dari risiko kesehatan. Pemkab juga terus mendukung implementasi program JKN-KIS dan mengupayakan tercapainya Universal Health Coverage (UHC) untuk seluruh penduduknya," ujar Mahlil dalam acara penyerahan Piagam Penghargaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi untuk pencapaian UHC Kabupaten Sukabumi dalam kepesertaan Program JKN-KIS di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/9/2021).

1. Optimalkan pelaksanaan program JKN-KIS

BPJS Kesehatan Apresiasi Pemkab Sukabumi Capai Universal Health Coverageilustrasi Kartu BPJS (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengungkapkan bahwa sudah menjadi tanggung jawab Pemkab Sukabumi untuk menjamin seluruh penduduk Sukabumi mendapatkan jaminan kesehatan yang terbaik, dengan mengoptimalkan pelaksanaan program JKN-KIS di wilayah Kabupaten Sukabumi. 

Marwan menjelaskan, keberhasilan pelaksanaan program jaminan kesehatan di Kabupaten Sukabumi sangat didukung peran seluruh jajaran pemerintah daerah melalui instansi-instansi terkait, juga fasilitas kesehatan baik fasilitas kesehatan tingkat pertama mapun rumah sakit.

“Semoga dengan pencapaian UHC ini menjadi pemicu semangat seluruh stakeholders di Kabupaten Sukabumi sesuai peran dan tugasnya masing-masing, untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan program JKN-KIS,” katanya.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Beri Kemudahan bagi Pasien Thalassemia Mayor dan Hemofilia

2. Angka pencapaian UHC Kabupaten Sukabumi tertinggi ke-3 di Kedeputian Wilayah Jawa Barat

BPJS Kesehatan Apresiasi Pemkab Sukabumi Capai Universal Health CoveragePexel.com/Bongkarn Thanyakij

Tercapainya UHC ini juga merupakan persembahan dan kado terbaik dari Pemkab Sukabumi kepada masyarakatnya karena bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Sukabumi yang ke-151 pada tanggal 10 September 2021 lalu. Sesuai dengan Misi Kabupaten Sukabumi, yaitu Terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Religius, Maju, dan Inovatif Menuju Mayarakat Sejahtera Lahir Batin.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Dwi Surini mengungkapkan bahwa capaian kepesertaan Program JKN-KIS di Kabupaten Sukabumi per September 2021 ialah 2.505.945 jiwa atau telah berada di angka 95,40 persen berdasarkan data Administrasi Kependudukan (Adminduk) Desember 2020.

“Angka pencapaian Kabupaten Sukabumi tersebut adalah capaian persentase UHC tertinggi ke-3 di Kedeputian Wilayah Jawa Barat setelah Kota Cirebon dan Kota Cimahi,” jelas Dwi.

3. Rincian komposisi peserta BPJS Kesehatan di Sukabumi

BPJS Kesehatan Apresiasi Pemkab Sukabumi Capai Universal Health CoverageIlustrasi kantor BPJS Kesehatan. ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Dwi juga menjabarkan bahwa komposisi peserta saat ini di Sukabumi untuk peserta Penerima Bantuan Iuran yang bersumber pada APBN (PBI APBN) sebanyak 1.486.102 jiwa (56,6 persen), Pekerja Penerima Upah (PPU) sebanyak 487.049 jiwa (18,5 persen), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) sebanyak 253.271 (9,6 persen), Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja yang Didaftarkan oleh Pemerintah Daerah (PBPU dan BP PEMDA) sebanyak 252.397 (9,6 persen), dan peserta Bukan Pekerja (BP) sebanyak 27.126 jiwa (1,4 persen).

Adapun turut hadir pada acara pemberian penghargaan UHC tersebut, Wakil Bupati Sukabumi, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Barat, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, unsur-unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi, serta instansi-instansi terkait di wilayah Kabupaten Sukabumi. (WEB)

Baca Juga: Dirut BPJS Kesehatan Ajak Masyarakat Rajin Olahraga

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya