Kodim 0611 Garut Gelar Komunikasi Sosial dengan Pemerintah 

Kegiatan diikuti aparatur kecamatan, desa, dan koramil

Jakarta, IDN Times – Komando Distrik Militer (Kodim) 0611/Garut menggelar Kegiatan Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintahan Tahun Anggaran (TA) 2023 dengan tema "Manfaat Teknologi Informasi dalam Bidang Pemerintahan" di Gedung Graha Bhakti Kodim 0611/Garut, Kabupaten Garut, Selasa (23/5/2023). 

Acara yang diikuti aparatur kecamatan, desa, dan koramil itu dibuka resmi oleh Kasdim 0611 Garut, Mayor Inf. Kurniadi.

1. Pengguna internet di Indonesia meningkat 2,67 persen dibandingkan periode sebelumnya

Kodim 0611 Garut Gelar Komunikasi Sosial dengan Pemerintah pexels.com

Sub Koordinator (Subkor) Kemitraan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Yanyan Agus Supianto, memaparkan materi terkait pemanfaatan teknologi informasi untuk pemerintahan yang lebih efektif.

Yanyan memaparkan, berdasarkan Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta (periode 2022-2023) dan meningkat 2,67 persen dibandingkan pada periode sebelumnya yaitu sebanyak 210,03 juta pengguna.

Baca Juga: 5 Dukungan Pemerintah Jabar terhadap Program Lingkungan Hidup  

2. Masyarakat dapat mengakses informasi dan layanan pemerintah dengan mudah melalui e-government

Kodim 0611 Garut Gelar Komunikasi Sosial dengan Pemerintah Ilustrasi seseorang akses internet. (Pixabay.com/fancycrave1)

Ketika berbicara teknologi informasi, imbuh Yanyan, kini hal tersebut menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya di bidang pemerintahan. Hal tersebut dilihat dari hadirnya e-government atau pemerintahan elektronik.

"Melalui e-government, masyarakat dapat mengakses informasi dan layanan pemerintah dengan mudah melalui internet. Contoh dari layanan e-government adalah pembayaran pajak online dan pengajuan dokumen secara elektronik," katanya.

3. Pemerintah harus terus mengembangkan dan memperbaiki sistem teknologi informasi

Kodim 0611 Garut Gelar Komunikasi Sosial dengan Pemerintah Ilustrasi pegawai pemerintahan sedang bekerja. (ShutterStock/OduaImages)

Meski begitu, Yanyan juga tetap mengimbau terkait dengan keamanan informasi di tengah perkembangan teknologi informasi saat ini, termasuk bidang pemerintahan juga harus diiringi dengan perlindungan keamanan informasi.

"Oleh karena itu, pemerintah harus terus mengembangkan dan memperbaiki sistem teknologi informasi mereka agar dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan aman," ujarnya. (WEB)

Baca Juga: Sinergi Positif Pemprov Jabar dan Masyarakat Pangkas Pengangguran

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya