Tim Jebol 3T Dukcapil Serahkan 5.305 Dokumen Adminduk di NTT

Pelayanan berlangsung selama 4 hari

Jakarta, IDN Times – Selama 4 hari pelayanan jemput bola di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), Tim Dukcapil berhasil menerbitkan 5.305 dokumen kependudukan. 

Tim Ditjen Dukcapil beranggota 5 personel dipimpin Christina Lilik Sudarijati yang datang langsung untuk mendukung kegiatan di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) ini dengan membawa 6 ribu keping blanko.

"Kami hadir memberikan layanan administrasi kependudukan hingga ke pintu-pintu rumah penduduk. Kali ini secara khusus turun langsung bersama Dukcapil TTS di Kecamatan Kolbano, mulai tanggal 23 hingga 26 April 2024," kata Christin sapaan akrabnya di lokasi pelayanan, Jumat (26/4/2024).

1. Selama 4 hari layanan membawa peralatan sendiri

Tim Jebol 3T Dukcapil Serahkan 5.305 Dokumen Adminduk di NTTIlustrasi Disdukcapil (dok. Ditjen Dukcapil)

Christin yang merupakan Ketua Tim Pokja Pindah Datang Penduduk dan Penduduk Nonpermanen pada Direktorat Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil (Dafdukcapil) ini menuturkan selama 4 hari layanan timnya membawa peralatan sendiri, antara lain berupa mobile enrollment, peralatan komunikasi M2M, printer cetak KTP-el, ribbon, dan film.

"Kami siapkan semuanya agar bisa bekerja mandiri melayani masyarakat termasuk 3 outer atau 6.000 keping blangko KTP-el," tutur Christin seusai diterima upacara Adat Natoni oleh Kadis Dukcapil TTS, Jeims Dizon Kase, dan Camat Kolbano. 

Baca Juga: Tim Jebol 3T Dukcapil Bagikan 3.342 Dokumen di Sumba Barat dan Timur

2. Layanan melebihi target yang diperkirakan

Tim Jebol 3T Dukcapil Serahkan 5.305 Dokumen Adminduk di NTTSelama 4 hari pelayanan jemput bola di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), Tim Dukcapil berhasil menerbitkan 5.305 dokumen kependudukan. (dok. Ditjen Dukcapil)

Kadis Dukcapil TTS, Dizon Kase, sangat gembira layanan Jebol ini melebihi target yang diperkirakan. "Bantuan Tim Teknis dan peralatan yang dibawa dari pusat sangat membantu kami rekan-rekan di TTS," katanya.

Mulai hari pertama hingga hari terakhir layanan jemput bola terlihat antusiame masyarakat sangat tinggi memenuhi titik layanan di Kecamatan Kolbano.

"Seluruh keperluan masyarakat dalam mengurus dokumen adminduk kami layani semuanya di sini, mulai dari rekam cetak KTP-el, KK, dan semua Akta Pencatatan Sipil kami berikan langsung kepada masyarakat TTS," jelas Christin.

Adapun jumlah dokumen yang berhasil diselesaikan terdiri atas perekaman KTP-el sebanyak 576, perekaman luar domisili 3, cetak KTP-el sebanyak 2.159, cetak KTP-el luar domisili 28, cetak KK sebanyak 1.290, cetak KIA 210, menerbitkan SKPWNI 154, cetak akta kelahiran 669, akta kematian 75, akta perkawinan 118, dan Biodata Penduduk Kepemilikan Akta Kelahiran (BAKAK) sebanyak 23. 

3. Dukcapil harus memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat

Tim Jebol 3T Dukcapil Serahkan 5.305 Dokumen Adminduk di NTTProgram jemput bola pelayanan administrasi kependudukan (Jebol Adminduk) kembali digelar dengan menyambangi Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Timur di NTT, sejak Rabu hingga Sabtu (6-9/3/2024). (dok. Ditjen Dukcapil)

Dari Jakarta, Direktur Dafdukcapil Akhmad Sudirman Tavipiyono sangat mengapreasi Tim Jebol Gisa 3T di TTS yang berhasil menuntaskan tugasnya. 

"Terima kasih kawan-kawan sudah memaksimalkan memberikan layanan adminduk kepada masyarakat TTS selama 4 hari. Dokumen adminduk yang sudah diterbitkan bakal memberikan manfaat dan kemudahan masyarakat dalam mengakses layanan publik," kata Tavip sapaan akrabnya.

Hal ini selaras dengan arahan Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi dalam berbagai kesempatan. "Dukcapil harus memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air tercinta dan memastikan setiap pintu-pintu rumah penduduk memiliki dokumen adminduk, supaya mudah dalam mengakses layanan publik," tegas Dirjen Teguh. (WEB)

Baca Juga: Tekan Pendatang Baru, Dinas Dukcapil DKI Tata Penduduk Sesuai Domisili

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya