Comscore Tracker

Daftar Sendiri, AHY Ungkap Alasan Tak Bareng NasDem-PKS ke KPU

Komunikasi Demokrat dengan NasDem PKS masih intens

Jakarta, IDN Times — Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengungkap alasan tak melakukan pendaftaran partai politik ke KPU bersama dengan Partai NasDem dan PKS.

Partai Demokrat diketahui baru mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU pada hari ini, Jumat (6/8/2022). Sementara NasDem dan PKS yang juga dekat dengan Partai Demokrat sudah mendaftarkan diri pada Senin 1 Agustus.

1. AHY ingin ada 34 DPD Demokrat saat daftar ke KPU

Daftar Sendiri, AHY Ungkap Alasan Tak Bareng NasDem-PKS ke KPUKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama beberapa petinggi mendatangi KPU dengan berjalan kaki, Jumat (6/5/2022). (IDN Times/MelaniPutri)

AHY mengatakan, Partai Demokrat sejak awal sudah merencanakan pendaftaran ke KPU pada 5 Agustus ini. Sebabnya, dia ingin menghadirkan para ketua DPD Demokrat dari 34 daerah serta wakil gubernur, bupati, dan wali kota yang menjadi kader Demokrat.

“Kami memang sejak awal sudah merencanakan tanggal 5 Agustus ini karena memang kami ingin menghadirkan para ketua DPD, banyak juga di sini yang kepala daerah di sini,” ujar AHY, di KPU, Jumat (5/8/2022).

Dia menjelaskan, setelah berkomunikasi dengan beberapa pimpinan daerah dan DPD, ditentukan bahwa pendaftaran peserta partai politik dilakukan hari ini.

“Sehingga waktu yang tepat hari Jumat ini sehingga tidak banyak menyita waktu kerja,” ujar dia.

Baca Juga: AHY Demokrat Jalan Kaki ke KPU buat Daftar Pemilu

2. Komunikasi dengan NasDem-PKS masih intens

Daftar Sendiri, AHY Ungkap Alasan Tak Bareng NasDem-PKS ke KPUKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Nasdem Tower, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Kendati tak mendaftar bersamaan, AHY mengaku komunikasi antara pihaknya dengan NasDem dan PKS masih intens. Dia mengaku telah melakukan beberapa kali pertemuan tertutup dengan NasDem dan PKS.

“Iya sebetulnya pertemuan terus dilakukan dan tidak harus terlihat di kamera. Jadi lebih banyak yang tertutup dan secara parsial tapi kami ingin menyampaikan bahwa komunikasi berjalan sangat baik dan ada chemistry senakin terbangun,” tuturnya.

Baca Juga: Demokrat Bakal Temui PKS dan NasDem Usai Daftar Pemilu 2024 ke KPU

3. Demokrat ungkap bakal temui beberapa parpol usai verifikasi di KPU

Daftar Sendiri, AHY Ungkap Alasan Tak Bareng NasDem-PKS ke KPUKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berpidato di acara HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan pihaknya menerima rencana untuk menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik. Hal itu dilakukan terkait dengan koalisi menuju Pemilu 2024.

“ Nanti akan ada setelah proses verifikasi parpol ini selesai, kita akan mengadakan pertemuan lagi rencana dengan teman-teman mitra calon koalisi secara terbuka,” kata Herzaky.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya