DPR Kritik Biaya Urus Paspor dan Visa Jemaah Haji Rp1,6 Miliar

Kemenag minta rasionalisasi anggaran

Jakarta, IDN Times — Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadizily menyoroti sejumlah biaya pengurusan dokumen jemaah haji. Menurutnya anggaran pengurusan dokumen harus dilakukan rasionalisasi agar biaya haji bisa ditekan.

Dalam usulan Dirjen Pengelolaan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief menjelaskan perlu beberapa biaya untuk pengurusan dokumen jemaah haji. Usulan tersebut di antara untuk lembur petugas pengurusan paspor senilai Rp3,7 miliar, biaya pendampingan penerbitan paspor jemaah Rp1,6 miliar, dan penyelesaian dokumen jemaah Rp11,2 miliar.

Baca Juga: 3 Langkah Menabung Dana Haji, Biar Segera Memijak Tanah Suci

1. Usulan dana pembuatan paspor bisa ditekan

DPR Kritik Biaya Urus Paspor dan Visa Jemaah Haji Rp1,6 MiliarSeorang calon haji melambaikan tangannya di atas bus saat akan diberangkatkan di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/7/2022). Sebanyak 161 jamaah calon haji kloter terakhir embarkasi Makassar asal Kabupaten Jeneponto diberangkatkan ke Arab Saudi. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Ace Hasan mengatakan ada sekitar 84 ribu jemaah haji yang sudah memiliki paspor. Maka dari itu, usulan Rp1,6 miliar untuk penerbitan paspor jemaah haji bisa ditekan.

“Setahu saya ada 84 ribu jemaah yang harusnya berangkat itu sudah selesai paspornya. Jadi mohon untuk diperhatikan betul setahu saya pengurusan parpor mereka sudah selesai. Setengah dari jumlah jemaah kita,” kata Ace Hasan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga: DPR Protes Dana BPIH Digunakan untuk Pemeliharaan Barang di Arab Saudi

2. Biaya lembur pengurusan paspor disorot

DPR Kritik Biaya Urus Paspor dan Visa Jemaah Haji Rp1,6 MiliarIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

DPR juga menyoroti usulan dana untuk biaya lembur pengurusan paspor. Pasalnya pengurus parpor jemaah haji merupakan ASN yang mendapatkan honor dari negara.

Dana pengurusan paspor tersebut Rp3,7 miliar diminta bisa ditekan lebih rendah sehingga BPIH yang dibayarkan jemaah bisa lebih kecil.

3. DPR minta Kemenag pilah usulan biaya haji

DPR Kritik Biaya Urus Paspor dan Visa Jemaah Haji Rp1,6 MiliarIlustrasi Jamaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang meminta Hilman Latief untuk merasionalisasi kembali usulan biaya haji untuk penyelesaian dokumen jemaah.

“Kita pilah nih, kalau biaya pendampingan penerbitan paspor jemaah Rp1,6 miliar itu kan 84 ribu sudah selesai artinya ini bisa dikurangi,” ujarnya.

Baca Juga: BPKH Kena Semprot DPR Tak Bisa Gandakan Nilai Manfaat Haji

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya