Eks Danjen Kopassus saat Dijenguk Prabowo: Harus Jadi Presiden!

Eks Danjen Kopassus Subagyo meminta Prabowo jadi presiden

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunjungi kediaman eks Komandan Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Jenderal (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo di Yogyakarta, Sabtu (7/5/2022).

Subagyo disebut sebagai sahabat lama Prabowo di dunia militer. Posisi Subagyo juga sempat diduduki oleh Prabowo pada 1995.

“Pak Subagyo HS saat ini sedang sakit. Alhamdulillah kedatangan saya sebagai mantan anak buahnya beliau sangat senang dan beliau bisa tersenyum dan menyatakan bahagia serta semangatnya untuk kembali sehat dan fit," kata Prabowo dalam keterangan tertulis, Minggu (8/5/2022).

1. Prabowo didoakan jadi presiden

Eks Danjen Kopassus saat Dijenguk Prabowo: Harus Jadi Presiden!Presiden Joko "Jokowi" Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto ketika hendak berkunjung ke Kaltim pada Selasa, 24 Agustus 2021 (Dokumentasi Biro Pers Kepresidenan)

Subagyo HS bisa dibilang sebagai orang paling dekat dengan Prabowo di dunia militer. Dia pernah menjadi komandan Prabowo di pasukan baret merah selama 1994-1995 hingga akhirnya digantikan oleh Prabowo.

Saat bertemu dengan Prabowo, Subagyo menyinggung terkait Pemilu 2024. Menurutnya kans Prabowo untuk menjadi presiden di 2024 sangat kuat.

“Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang,” kata Subagyo.

Baca Juga: PKB Buka Peluang Duetkan Prabowo dengan Cak Imin di Pemilu 2024

2. Prabowo juga kunjungi Sultan Yogyakarta

Eks Danjen Kopassus saat Dijenguk Prabowo: Harus Jadi Presiden!Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose dan Menhan Prabowo Subianto ketika memamerkan senjata produksi PT Pindad di hadapan PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob (Dokumentasi Tim Media Menhan)

Sebelum mengunjungi eks komandannya itu, Prabowo menyambangi kediaman Sultan Yogyakarta Hamengkubowono X  beserta sang istri, GKR Hemas. Menurut Prabowo, kunjungan tersebut diadakan untuk menjalin silaturahmi sekaligus halal bi halal Lebaran.

Kendati bertemu salah satu pejabat daerah sekaligus tokoh yang berpengaruh, Prabowo diklaim tak membahas masalah politik sekali pun.

Sri Sultan Hamengkubowono menyampaikan pertemuannya dengan Prabowo hanya sekedar halal bi halal Lebaran. Pihaknya juga tak membahas masalah politik.

“Saya terima kasih kepada Pak Prabowo karena berkenan berkunjung ke Yogyakarta. Tidak ada pembicaraan politik, kami hanya silaturahmi," ujar Gubernur DIY itu.

3. Nama Prabowo di bursa capres 2024

Eks Danjen Kopassus saat Dijenguk Prabowo: Harus Jadi Presiden!Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Nama Prabowo disebut beberapa kali dalam survei Pilpres 2024. Prabowo cenderung berada di peringkat 5 besar menurut beberapa lembaga survei.

Dalam survei Populi Center pada April lalu, Prabowo disebut sebagai salah satu menteri yang memiliki elektabilitas kuat untuk menjadi bakal capres 2024.

Menurut kategori ini, nama Prabowo Subianto masih mendapatkan suara terbanyak 37,1 persen. Kemudian ada nama Menparekraf Sandiaga Uno 23 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 8 persen, sementara Menko Perekonomian hanya mendapat 2,3 persen.

Sementara jika berdasarkan elektabilitasnya, Prabowo masih bersaing dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan menurut surveinya, ada 5 nama bakal calon presiden yang menjadi pilihan favorit responden.

Di urutan pertama, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan tingkat elektabilitas 29,2 persen, Ketum Gerindra Prabowo Subianto 23 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 20,2 persen, dan Menparekraf Sandiaga Uno 4,9 persen, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil 4,8 persen.

 

Baca Juga: Sowan ke Sultan Yogyakarta, Prabowo Klaim Tak Bicara Politik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya