Golkar, PPP dan PAN Siap Koalisi, Airlangga: Beringin Makin Subur

Koalisi bakal jalankan program strategis Jokowi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa.

Dalam pertemuan ini, Airlangga berkalakar pohon beringin semakin disinari  matahari tumbuh semakin kuat. Pohon beringin merupakan lambang Partai Golkar, sementara matahari menjadi lambang PAN.

“Dengan matahari, kehidupan bisa berjalan, terutama pohon beringin, juga semakin tumbuh. Pertemuan ini juga merupakan pertemuan rida Allah SWT,” ujar Airlangga di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Golkar, PAN dan PPP Siap Bangun Koalisi 'Bertiga Bersatu' Jelang 2024

1. Koalisi bakal jalankan program strategis Jokowi

Golkar, PPP dan PAN Siap Koalisi, Airlangga: Beringin Makin SuburANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Airlangga menyampaikan pertemuan ketiga elite parpol membahas program kerja ke depan, terutama masa setelah Pemilu 2024.

Dia mengaku, baik PAN maupun PPP setuju terus menjalankan program pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Pertemuan ini juga disebut bakal memperkuat pemerintahan, baik di tingkat eksekutif maupun legislatif.

“Saya dan Pak Suharso ada di pemerintah, sehingga ini akan terus memperkuat pemerintahan Pak Presiden Jokowi,” ucap Airlangga.

2. Diklaim punya pengalaman hadapi krisis

Golkar, PPP dan PAN Siap Koalisi, Airlangga: Beringin Makin SuburKetua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Tiga ketua umum parpol itu mengklaim memiliki pengalaman menghadapi krisis di Indonesia. Mulai dari resesi 1998, krisis moneter 2008, sampai penanganan pandemik COVID-19. Kumpulan pengalaman itu disebut bakal berguna untuk Indonesia ke depan.

“Kita mempunyai scope pengalaman di dalam berbagai periode, berbagai tantangan yang sudah kita hadapi, mulai dari resesi, krisis moneter, sampai dengan penanganan COVID-19 sampai dengan pemulihan ekonomi,” kata Airlangga.

“Jadi ini merupakan kumpulan pengalaman bersama, dan tentunya kita akan bekerja sama ke depan untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan, termasuk dalam pemilu di 2024,” tuturnya.

Baca Juga: Nurul Arifin Soal Konflik Golkar: Isu Murahan Jelang Pilpres

3. Sinyal kuat koalisi Golkar, PAN, dan PPP

Golkar, PPP dan PAN Siap Koalisi, Airlangga: Beringin Makin SuburANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Meski ketiga parpol belum mendeklarasikan berkoalisi untuk Pemilu 2024, baik Airlangga, Zulkifli, maupun Suharso tidak menampik sinyal berjuang bersama dalam kontestasi Pilpres 2024.

“Namanya ‘Bertiga Bersatu’. Bersatunya adalah Beringin, Matahari, dan Ka'bah,” ujar Airlangga.

Kepada wartawan, ketiganya juga mengaku sedang menyusun strategi bersama dan mulai menyamakan program nasional.

“Kerja sama tiga partai ini di tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kota. Kita mulai menyamakan program,” tutur Airlangga.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya