Gresita Fenny, Juara Putri Otonomi Indonesia Jabat Wamendagri Sehari

Wamendagri John Wempi pilih Gresita gantikan dirinya sehari

Jakarta, IDN Times — Menang menjadi Putri Otonomi Indonesia (POI) 2022, Gresita Fenny Tohana Siahaan, akan menjabat Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dalam satu hari. Gresitas akan bertugas dan berkantor di Gedung Kemendagri dan mendapat fasilitas layaknya Wamendagri, seperti Polisi Patroli, dan Pengawalan (Patwal), hingga ajudan.

Sebelumnya, ia terpilih menjadi POI 2022 di malam puncak peringatan hari jadi ke-22 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Bogor, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga: Dukung Potensi Daerah, APKASI Siap ‘Lahirkan’ 416 Desa Wisata Baru

1. Wamendagri John Wempi Wetipo memilih Gresita menggantikan dirinya sehari

Gresita Fenny, Juara Putri Otonomi Indonesia Jabat Wamendagri SehariPutri Otonomo Indonesia 2022 Gresita Fenny Tohana Siahaan (Dok. APKASI)

Wamendagri John Wempi Wetipo memilih Gresita menggantikan dirinya sebagai Wamendagri selama sehari. John mengaku langkah tersebut merupakan bentuk apresiasi dan dukungan Kemendagri terhadap Apkasi yang telah menghadirkan ajang pemilihan POI 2022.

“Saya merasa terhormat, karena baru dilantik tiga hari yang lalu sebagai Wamendagri, dan sekarang ini diberikan kesempatan yang luar biasa bisa berdiri di tengah-tengah para bupati seluruh Indonesia. Saya salut dengan semangat para bupati dan kita punya semangat yang sama untuk memajukan negeri ini,” kata John dalam keterangan tertulis, Senin (20/6/2022).

2. Sudah dapat izin Mendagri

Gresita Fenny, Juara Putri Otonomi Indonesia Jabat Wamendagri SehariPutri Otonomo Indonesia 2022 Gresita Fenny Tohana Siahaan (Dok. APKASI)

John mengaku sudah mendapat izin dari Mendagri Tito Karnavian untuk menunjuk pemenang POI 2022 sebagai Wamendagri selama sehari.

“Ini apresiasi kita, nanti dia mewakili generasi milenial Indonesia. Kalau dia duduk di sana sebagai Wamendagri, dia akan bilang, wah saya bangga meskipun sehari, saya bisa menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia,” kata dia.

John menambahkan, apresiasi ini dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada para generasi muda bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin di Indonesia.

3. Gresita diharapkan bisa wakili generasi muda

Gresita Fenny, Juara Putri Otonomi Indonesia Jabat Wamendagri SehariPutri Otonomo Indonesia 2022 Gresita Fenny Tohana Siahaan (Dok. APKASI)

John berharap, Gresita dapat mewakili generasi muda yang memiliki pemahaman utuh terhadap otonomi daerah. Pihaknya juga berharap, ke depannya generasi muda bisa menerima tongkat estafet kepemimpinan nasional dalam koridor NKRI dan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara itu, Ketua Pelaksana POI 2022, Sarman Simanjorang, menjelaskan bahwa POI merupakan brand baru setelah sebelumnya menggunakan nama Putri Otonomi Daerah (POD).

“Kegiatan ini telah berlangsung selama 4 kali yakni pada 2017, 2018, 2019, dan 2021 di mana ada jeda di 2020 karena pandemi Covid-19. Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para bupati yang telah aktif mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti ajang POI 2022,” tuturnya.

Baca Juga: Mendagri Tito: Apkasi Bukan Asosiasi Kaleng-Kaleng

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya