Comscore Tracker

Hasil Munas BEM SI Kerakyatan: Abdul Kholiq Kembali Jadi Koordinator 

Abdul Kholiq mendapat suara mayoritas di Munas 

Jakarta, IDN Times— Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Abdul Kholiq kembali terpilih menjadi koordinator Pusat Aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI) Kerakyatan.

Dalam keterangannya, Abdul Kholiq mengaku bakal terus berkomitmen dalam gerakan BEM SI agar terus bersama rakyat.

“Saya berkomitmen BEM SI akan terus berada bersama rakyat,” kata Abdul Kholiq, melalui keterangan tertulis, dilansir dari ANTARA, Minggu (22/5/2022).

Baca Juga: 3 Kelompok Gerakan Mahasiswa, Ada BEM SI, BEM Nusantara dan AMI

1. Abdul Kholiq mendapat suara mayoritas

Hasil Munas BEM SI Kerakyatan: Abdul Kholiq Kembali Jadi Koordinator Ilustrasi mahasiswa. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Dalam musyawarah nasional (Munas) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, Abdul Kholiq mendapat dukungan 11 dari 12 wilayah yang ada. Sebanyak 234 kampus menghadiri Munas tersebut.

Abdul juga terpilih karena dinilai memiliki visi misi yang sama dengan BEM SI. Visi BEM SI sendiri sebagai intelektual publik melalui politik alternatif secara ekstraparlementer yang berorientasi kerakyatan, sementara misinya adalah “bottom up culture, movement 5.0, scientific based movement, unity in diversity, change oriented movement”.

“Hal tersebut diperkuat dengan nilai organisasi yang dibangun yakni proaktif, progresif, resilien, dan inklusif,” ucap Abdul.

Baca Juga: Biografi Bung Hatta dan Jejak Pemikiran Ekonomi Kerakyatan

2. Abdul Kholiq jelaskan tiga ruang lingkup gerakan BEM SI ke depan

Hasil Munas BEM SI Kerakyatan: Abdul Kholiq Kembali Jadi Koordinator Aksi BEM SI di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Presiden BEM SI terpilih ini juga menjelaskan tiga ruang lingkup aliansi mahasiswa tersebut ke depannya. Pertama, yakni peran mahasiswa sebagai penggerak dan intermeditiatory actor, permasalahan bangsa, negara, dan permasalahan BEM SI.

“BEM SI berusaha untuk menghadirkan gerakan yang berbeda dengan aliansi-aliansi lain, bukan sebagai langkah kompetitif, melainkan kelengkapan dalam bergerak,” ujar Abdul.

3. BEM SI akan fokus ke sektor lingkungan dan pendidikan

Hasil Munas BEM SI Kerakyatan: Abdul Kholiq Kembali Jadi Koordinator Ilustrasi demonstrasi mahasiswa (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Sejauh ini, gerakan BEM SI cenderung pada kritik terhadap pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Abdul Kholiq mengaku ke depannya, BEM SI juga akan masuk ke segmentasi isu lingkungan, pendidikan tinggi, pendidikan dasar dan menengah, hukum dan HAM, korupsi, informasi dan teknologi, energi mineral dan batubara, agraria, ekonomi, dan isu kemasyarakatan lainnya.

Baca Juga: Mahasiswa Pengin KKN ke Luar Negeri? Ada 6 Program Bisa Kamu Pilih

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya