Comscore Tracker

Istana soal Pengganti Tjahjo Kumolo: Masih Berduka, Butuh Diskusi

Pengganti Menpan-RB akan diputuskan Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara (Stafsus Mensesneg), Faldo Maldini, mengatakan pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, akan segera ditentukan dalam waktu dekat.

Faldo mengatakan dalam suasana duka ini, presiden dan seluruh pihak harus berdiskusi bersama-sama untuk menentukan pengganti politikus senior PDI Perjuangan itu yang meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022.

“Tentunya kita ingin mencari pengganti secepat-cepatnya. Namun saat ini suasana masih dalam suasana duka, dan tentunya butuh diskusi dan menyesuaikan dengan agenda-agenda presiden lainnya,” kata Faldo kepada IDN Times, Minggu (3/7/2022).

Baca Juga: Besok, Imam Besar Istiqlal Ceramah di Rumah Mendiang Tjahjo Kumolo  

1. Masih tunggu keputusan presiden Jokowi

Istana soal Pengganti Tjahjo Kumolo: Masih Berduka, Butuh DiskusiAlmarhum Menpan-RB Tjahjo Kumolo (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Faldo mengatakan masih menunggu keputusan Presiden Joko “Jokowi” Widodo terkait pengisi kursi Menteri PAN-RB. Dia menyebut pemerintah akan berupaya optimal untuk menemukan sosok yang tepat.

“Kita tunggu saja keputusan presiden seperti apa. Yang pasti Pemerintah akan mengupayakan fungsi-fungsi tata kelola berjalan dengan optimal. Adapun penggantinya nanti, tentunya merupakan sosok yang tepat,” ujar dia.

2. Diminta tak khawatir berlebihan

Istana soal Pengganti Tjahjo Kumolo: Masih Berduka, Butuh DiskusiProsesi pemakaman jenazah Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan, Kalibata pada Jumat (1/7/2022). (IDN TImes/Yosafat Diva)

Faldo juga mengimbau agar masyarakat tak khawatir berlebihan terkait pekerjaan Menpan-RB. Dia mengajak semua pihak agar memberikan doa kepada almarhum Tjahjo Kumolo.

“Kami mengajak semuanya mendoakan agar almarhum dimudahkan jalannya. Untuk pekerjaan-pekerjaan yang ditinggalkan dalam beberapa waktu ke depan sudah didedikasikan dengan baik. Jadi, tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan,” tutur dia.

Baca Juga: Menteri Bintang Bongkar Peran Penting Tjahjo Kumolo di UU TPKS 

3. Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia

Istana soal Pengganti Tjahjo Kumolo: Masih Berduka, Butuh DiskusiJenazah Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Jumat (1/7/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Menpan-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo selama lebih dari sepekan. Tjahjo dikabarkan mengidap komplikasi dan gangguan paru-paru dan asam urat.

Sementara, kursi Menpan-RB masih diwakilkan secara ad interim oleh Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. Tjahjo merupakan kader PDI Perjuangan, yang pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal (sekjen).

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya