Kabar JK Tak Dukung Anies di Pilpres 2024, NasDem Merespons

NasDem tak ambil pusing klaim JK ke Airlangga

Jakarta, IDN Times — Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad Ali, buka suara soal kabar dukungan Jusuf Kalla (JK) ke Ketum Golkar Airlangga Hartarto untuk maju sebagai bakal capres 2024. Padahal di satu sisi, JK sebelumnya dikenal sangat dekat dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies Baswedan sendiri merupakan salah satu kandidat capres 2024 yang diusulkan oleh Partai NasDem. Kans majunya Anies ke kontestasi pilpres mendatang dipertanyakan usai muncul klaim dukungan JK ke Airlangga.

Terkait kondisi ini, Ahmad Ali mengaku NasDem tak ambil pusing dengan klaim tersebut. Pihaknya juga akan tetap mendukung Anies Baswedan sebagai salah satu kandidat Capres 2024.

1. NasDem tak ambil pusing klaim JK

Kabar JK Tak Dukung Anies di Pilpres 2024, NasDem MeresponsANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ahmad menjelaskan secara kepartaian wajar jika JK sebagai politikus Golkar memberikan dukungan ke Ketum Airlangga. Kendati demikian, dia tak menilai potensi Anies berkurang karena kehilangan dari JK.

“Kalau secara kepartaian pak JK sampai hari ini masih kader Golkar, tentunya klaim begitu sah-sah saja. Bagi NasDem tentu tidak penting karena memang tidak ada hubungannya dengan NasDem,” kata Ali saat dihubungi, Senin (1/8/2022).

Dia juga menekankan belum ada pernyataan resmi dari JK yang menyebut dukungan ke salah satu tokoh.

“Tapi apa benar seperti itu? Secara personal kita tahu bagaimana hubungan kedekatan personal antara Pak JK dengan Pak Anies,” ucap dia.

Baca Juga: Daftar Tokoh Hadiri Pernikahan Anak Anies Baswedan 

2. Menunggu sikap JK ke bakal capres

Kabar JK Tak Dukung Anies di Pilpres 2024, NasDem MeresponsMantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Ahmad juga mengatakan pihaknya masih menunggu sikap politik Jusuf Kalla dalam hal Pilpres 2024.

Pasalnya, JK merupakan salah satu aktor yang mendukung Anies Baswedan melenggang ke kursi Pilgub DKI Jakarta pada Pilkada 2017 lalu. Sementara itu, JK juga merupakan kader Partai Golkar.

“Semua orang tahu ketika Pak Anies maju sebagai calon Gubernur DKI salah satu aktor di belakangnya itu pak JK. Jadi tentunya kita tunggu sikap dari Pak JK,” ujar dia.

Baca Juga: Isi Perbincangan AHY-Surya Paloh di Acara Nikahan Anak Anies Baswedan

3. Pengaruh JK dalam basis massa Anies Baswedan

Kabar JK Tak Dukung Anies di Pilpres 2024, NasDem MeresponsIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kendati tak mempermasalahkan dukungan JK, namun Ahmad mengaku tetap memperhitungkan basis suara jika Jusuf Kalla mendukung Anies.

“Secara personal ya untuk dukungan massa ya dia sangat berpengaruh, secara personal kita tahu bagaimana kekuatan jaringan yang dimiliki oleh Pak JK,” ucap Ahmad.

Meski demikian, Ahmad mengatakan kondisi itu tak membuat NasDem menarik dukungan pada Anies Baswedan untuk maju Pilpres 2024.

“Kami memiliki independesi sendiri, kami punya kemerdekaan untuk menentukan itu, tapi bahwa ketika menentukan calon kami berharap tentu apa yang di calonkan oleh partai NasDem mendapat dukungan tokoh-tokoh, salah satunya seperti Pak JK,” tuturnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya