Comscore Tracker

Koalisi Gerindra-PKB Serius, Prabowo Masih Dilobi Jadi Capres

PKB sempat klaim usung Prabowo-Cak Imin 

Jakarta, IDN Times - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan pihaknya serius berkoalisi dengan PKB. Dia mengaku kedua pihak telah sepakat bekerja sama dalam koalisi menghadapi Pemilu 2024.

“Benar kok Gerindra dan PKB sudah sepakat untuk bekerja sama atau berkoalisi untuk bersama-sama menghadapi pemilu 2024,” kata Dasco dalam keterangan tertulis, Minggu (3/7/2022).

Baca Juga: Makin Mantap ke Gerindra, PKB Pasang Foto Prabowo-Cak Imin di Angkot

1. Prabowo masih dilobi jadi capres

Koalisi Gerindra-PKB Serius, Prabowo Masih Dilobi Jadi CapresMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam acara Rembug Nasional dan Rapat Pengurus Pusat Pleno (ERPPP) ke-1 Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Nusa Dua, Bali, Sabtu (2/7/2022). (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto/pri.)

Dasco mengatakan koalisi Gerindra-PKB yang dinamakan Kebangkitan Indonesia Raya ini memang belum melakukan deklarasi, dan menetapkan bakal pasangan capres-cawapres yang akan diusung dalam Pilpres 2024.

Dia menjelaskan, Gerindra masih melobi Ketua Umum Prabowo Subianto untuk kembali berlaga dalam kontestasi Pilpres 2024. Keputusan siapa bakal capres yang akan diusung Gerindra baru akan diumumkan setelah Rapimnas pada akhir Juli mendatang.

“Saat ini Prabowo Subianto baru diminta akan kesediaannya untuk dikukuhkan menjadi capres dari Gerindra, melalui Rapimnas yang akan diselenggarakan pada akhir Juli 2022,” ujar Dasco.

2. Cawapres akan dibahas setelah penentuan capres

Koalisi Gerindra-PKB Serius, Prabowo Masih Dilobi Jadi CapresKetua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (www.instagram.com/@cakiminnow)

Sementara, bakal cawapres baru akan dibahas setelah Gerindra menentukan bakal capres dalam Rapimnas. Dasco menjelaskan, penentuan cawapres bakal dibahas dalam forum terpisah yang diselenggarakan sesuai aturan Partai Gerindra.

“Soal siapa cawapres akan ditentukan kemudian melalui forum yang akan diselenggarakan, untuk itu sesuai aturan dalam anggaran dasar/ anggaran rumah tangga (AD/ART) Partai Gerindra,” kata Dasco.

Baca Juga: Gerindra-PKB Kembali Bertemu, Optimistis Menang Pemilu 2024

3. PKB klaim bakal usung Prabowo-Cak Imin

Koalisi Gerindra-PKB Serius, Prabowo Masih Dilobi Jadi CapresKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid, mengklaim partainya dan Gerindra sudah sepakat untuk membentuk koalisi jelang Pemilu 2024. Dia mengatakan koalisi PKB-Gerindra dinamakan dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

“Kami bersyukur seraya memohon rida dan pertolongan Allah, PKB-Gerindra sepakat membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya,” kata Jazilul kepada IDN Times, beberapa waktu lalu.

Jazilul menjelaskan dalam koalisi tersebut bakal mengusung masing-masing ketua umumnya untuk maju sebagai pasangan capres-cawapers pada Pilpres 2024. Dia mengatakan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya bakal mengusung Prabowo-Cak Imin.

“Pasangan yang diusung Mas Bowo-Gus Muhaimin,” ucap dia.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya