NasDem Singgung Tugas BIN Saat Endorse Prabowo di Papua

NasDem sebut BIN tak punya tugas ikut kontestasi politik

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengomentari pernyataan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang dinilai mengendorse Prabowo Subianto terkait Pilpres 2024. 

Willy menyayangkan pernyataan Budi Gunawan yang menyebut ada aura Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang berpindah ke Prabowo Subianto. Menurut Willy, seorang Kepala BIN tidak etis memberikan pernyataan dalam konteks politis.

"Setiap orang harus memberikan keteladanan institusi karena terkait dengan institusi yang dia wakili. Supaya setiap orang sadar dengan jabatannya yang bebas nilai, tidak bisa statement sembarang, gak bisa tampil sembarangan," kata Willy di Senayan, Rabu (22/3/2023). 

1. BIN tak berkepentingan dalam low politic

NasDem Singgung Tugas BIN Saat Endorse Prabowo di PapuaKetua DPP NasDem Willy Aditya. (IDNTimes/Melani Putri)

Willy juga menekankan peran BIN sebagai lembaga negara yang mengedepankan high politic. Dalam artian ini, BIN bertugas untuk menjaga negara Indonesia dari ancaman serangan dalam segi apa pun. 

Sementara itu, BIN justru masuk dalam ranah low politic yang menjadi tugas partai politik. 

"BIN itu kan tugasnya high politic, tugasnya dalam ranah politik kebangsaan dan kenegaraan. Kalau low politic, bicara kontestasi itu urusan partai," ujarnya. 

Baca Juga: Kepala BIN: Aura Jokowi Sebagian Pindah Ke Prabowo

2. BIN tak boleh masuk dalam ranah politik kandidasi

NasDem Singgung Tugas BIN Saat Endorse Prabowo di PapuaKepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (YouTube Setpres)

Lebih lanjut, Willy juga menekankan BIN tak boleh masuk dalam arus politik kandidasi yang mendukung salah seorang figur bakal capres. Dia juga meminta Budi Gunawan untuk sadar diri dengan jabatannya. 

"Sekali lagi kontestasi itu kewenangan partai. Jadi kita itu juga harus sama sadar diri. Sebagai warga negara punya referensi sah-sah saja, tapi tidak boleh masuk dalam arus ini," tuturnya. 

3. Kepala BIN sebut aura Jokowi masuk ke Prabowo

NasDem Singgung Tugas BIN Saat Endorse Prabowo di PapuaIlustrasi pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sebelumnya Kepala BIN Budi Gunawan menuturkan, aura Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagian mulai berpindah ke Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Hal tersebut diungkapkan Budi Gunawan saat peresmian Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dan peluncuran produk-produk kreatifitas di Abepura, Kota Jayapura, Papua Selasa (21/3/2023).

Budi Gunawan mengatakan, Prabowo tampak lebih sering mendampingi Jokowi saat kunjungan kerja dalam kurun waktu belakangan ini. Sehingga, dia menilai sebagian aura Presiden sudah mulai pindah ke Prabowo.

“Kita semua mengamati akhir-akhir ini Pak Prabowo sering bepergian bersama Pak Jokowi, beberapa kali juga Pak Prabowo mengatakan bahwa Pak Jokowi adalah gurunya, guru beliau,” ujar dia.

"Seluruhnya mulai melihat aura Pak Jokowi sebagian sudah pindah ke Pak Prabowo," lanjut Budi Gunawan

Baca Juga: Relawan Jawara Prabowo-Sandi Deklarasi Dukung Erick Thohir di 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya