Relawan Prawi Dukung Prabowo-Jokowi di Pilpres 2024

Prawi disebut jalan keluar Jokowi 3 periode

Jakarta, IDN Times — Sejumlah kelompok masyarakat mendeklarasikan duet pasangan Prabowo-Jokowi untuk maju di Pilpres 2024. Kelompok ini menamakan dirinya sebagai Relawan Prabowo-Jokowi (Prawi).

Tim Relawan Prawi, Achmad Fadjriansyah mengatakan Relawan Prawi muncul sebagai wadah seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki cita-cita dan tujuan untuk mengusung Prabowo dan Jokowi maju sebagai paslon presiden dan wakil presiden di 2024.

“Mari kita usung dan maju bersama untuk Indonesia menjadi negara yang adil dan makmur,” kata Achmad kepada IDN Times, Selasa (6/9/2022).

1. Prawi disebut jalan keluar Jokowi 3 periode

Relawan Prawi Dukung Prabowo-Jokowi di Pilpres 2024Deklarasi relawan Prabowo-Jokowi di Jakarta, Senin (5/9/2022). (Dok/Prawi)

Achmad menilai dukungan untuk Prabowo-Jokowi bisa disebut sebagai jalan keluar dari keinginan Jokowi tiga periode. Dia mengakui perpanjangan masa jabatan presiden melanggar konstitusi. Menurutnya hal itu bisa ditangani dengan merivisi peraturan.

Namun, Achmad menilai mengubah Undang-Undang terkait panjang masa jabatan presiden menguras energi dan berpotensi menimbulkan ketegangan politik menjelang Pemilu 2024.

“Tetap saja akan menguras energi politik yang berakibat perpecahan di kalangan masyarakat, dan ini patut kita hindari,” ucap dia.

Maka dari itu, pihaknya kemudian berdiskusi dengan berbagai kelompok masyarakat terkait isu perpanjangan masa jabatan presiden. Menurut klaimnya, beberapa kalangan masyarakat menginginkan Jokowi untuk melanjutkan kepemimpinan di 2024-2029.

“Alhasil kami sama-sama menginginkan pak Jokowi melanjuti memimpin bangsa ini di pemilihan presiden 2024-2029 sebagai Wakil Presiden. Tentu ini tidak melanggar konstitusi juga menjadi solusi terbaik dan mengakomodir mayoritas masyarakat yang masih menginginkan Pak Jokowi melanjutkan memimpin negeri ini,” jelas Achmad.

Baca Juga: Elite Gerindra: Prabowo Jadi Cawapres Puan, Mimpi Kali Dia!

2. Prabowo dinilai cocok duet dengan Jokowi

Relawan Prawi Dukung Prabowo-Jokowi di Pilpres 2024ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Achmad juga menjelaskan mengapa pihaknya memilih Prabowo sebagai pasangan Jokowi. Menurutnya Prabowo cocok menjadi presiden didampingi Jokowi karena keduanya telah memiliki pengalaman menjalankan pemerintahan di tingkat eksekutif.

Selain itu, Prabowo juga dinilai sebagai sosok yang nasionalis karena mau membantu Jokowi menjalankan pemerintahan meski sebelumnya telah bertarung merebutkan kursi presiden.

“Kita bisa lihat kelogowan pak Prabowo yang mau menjadi menteri dikabinet Pak Jokowi setelah bertarung habis habisan menjadi pesaing di pilpres 2019, namun demi melihat kepentingan bersama Pak Prabowo mau menjadi Pembantu Presiden sebagai Kemenhan,” ujar Achmad.

“Ini sikap yang tidak mudah dan patut dicontoh bagi masyarakat Indonesia sebagai pembelajaran politik yang luar biasa,” sambung dia.

3. Prabowo terima kunjungan Puan Maharani

Relawan Prawi Dukung Prabowo-Jokowi di Pilpres 2024Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani berkuda bersama (IDN Times/Istimewa)

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dikabarkan dekat dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Kendati intim dengan PKB, Prabowo menerima kunjungan Ketua DPP PDIP Puan Maharani ke kediaman pribadinya pada akhir pekan lalu.

Dalam pertemuan itu, Puan mengaku membawa pesan khusus dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri yang juga sang ibunda.

"Ada pesan gak dari Ibu Mega, gak mungkin saya ada di sini kalau gak bawa pesan dan pesannya itu saya dan Mas Bowo yang tahu. Karena kalau gak ada rahasianya gak seru dong! Masa belum apa-apa sudah dibuka semuanya. Ini kan juga ditunggu sebenarnya rahasia-rahasia apa yang akan diumumkan," ujar Puan dalam konferensi pers usai pertemuan.

Baca Juga: Puan Naik Kuda Kesayangan Prabowo, Sempatkan Kasih Makan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya