5 Program Pemerintah Jabar dalam Tingkatkan Angka Talenta Digital

Dukung akselerasi digital dan daya saing warga!

Era digital mendatangkan beragam kemudahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari sehingga lebih optimal. Pemanfaatan teknologi digital pun dapat dibilang telah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini, seperti dalam pemenuhan kebutuhan akan komunikasi, hiburan, informasi, hingga sebagai alat penunjang produktivitas.

Berasal dari kesadaran yang tinggi akan fenomena tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengemban misi agar Jawa Barat dapat menjadi Provinsi Digital melalui akselerasi digital yang diimplementasikan dalam berbagai tatanan kehidupan warga Jabar.

Menurut sosok yang akrab disapa Kang Emil tersebut, digitalisasi yang berfokus pada sektor ekonomi digital menuntut adaptasi dari seluruh pihak. Terutama bagi kaum pemuda di usia produktif yang perlu terus mengembangkan kemampuan digital mereka agar tidak “tertinggal”. Di mana saat ini terdapat permintaan yang cukup tinggi akan talenta digital atau sumber daya manusia (SDM) yang mempunyai kemampuan mumpuni dalam melakukan transformasi digital.

Selaras dengan upaya pemerintah Jawa Barat dalam menekan angka pengangguran serta membantu mengembangkan kemampuan digital warganya. Secara konsisten pemerintah provinsi Jabar menghadirkan beragam program sebagai upaya dalam meningkatkan angka talenta digital seperti berikut!

1. Mengadakan kegiatan rutin TechUpdate  

5 Program Pemerintah Jabar dalam Tingkatkan Angka Talenta Digitalkegiatan TechUpdate yang rutin diadakan setiap bulan (jabarprov.go.id)

Diskominfo Jabar mempunyai kegiatan rutin yang diadakan setiap bulan seputar bidang teknologi. Pada tiap pertemuannya, dibawakan beragam tema yang relevan dan tentunya menambah wawasan. Seperti pada TechUpdate bulan sebelumnya yang bertajuk Sayembara Desa Digital serta penggunaan teknologi E-Office, SSO, dan Generative AI dalam menunjang produktivitas pekerjaan.

Pembahasan dari pertemuan sebelumnya juga dapat diakses melalui kanal YouTube resmi Jabar Digital Service. Bagi warga Jabar yang ingin mengikuti TechUpdate dapat mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi Sapawarga, ya!

2. Pembentukan komunitas alumni Candradimuka Jabar Coding Camp (CJCC)  

5 Program Pemerintah Jabar dalam Tingkatkan Angka Talenta Digitalgathering komunitas alumni Candradimuka Jabar Coding Camp (instagram.com/jabarcodingcamp)

Komitmen Pemprov Jawa Barat dalam menciptakan program yang berkelanjutan dan berdampak nyata dibuktikan melalui pembentukan komunitas alumni peserta bootcamp Candradimuka Jabar Coding Camp (CJCC). Meski program telah selesai, talenta digital yang lahir dari program CJCC terus diberikan pendampingan. Salah satunya melalui komunitas alumni yang berfokus sebagai wadah kolaborasi, networking hingga berbagi informasi secara berkelanjutan di antara para alumni.

Upaya tersebut bertujuan untuk membantu mengurangi gap talenta digital dan angka pengangguran usia produktif di Jawa Barat. Talenta digital diharapkan dapat terus berkembang dan turut berkontribusi memajukan daerahnya masing-masing.

Baca Juga: 5 Cara Jawa Barat Wujudkan Indonesia Negara Adidaya, Terus Maju!

3. Mengupayakan kesejahteraan dan transformasi digital yang merata melalui program Desa Digital

5 Program Pemerintah Jabar dalam Tingkatkan Angka Talenta Digitalupaya pemerataan digitalisasi yang menjangkau pemberdayaan desa (jabarprov.go.id)

Persepsi bahwa kehidupan di kota lebih menjamin kesejahteraan serta peluang karier mungkin telah melekat dalam pikiran sebagian besar orang. Tak sedikit anak muda yang memilih merantau untuk merintis karier di kota dengan pekerjaan yang “modern” dibandingkan menjadi petani atau mengelola sumber daya yang ada di desanya. Dalam mewujudkan #JabarJuara yang mendukung pemerataan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di seluruh Jawa Barat, Pemprov Jabar membentuk sebuah program bernama Desa Digital.

Program Desa Digital mempunyai tujuan untuk dapat membantu meningkatkan produktivitas serta memperluas jangkauan usaha warga desa melalui implementasi pemanfaatan digital. Program ini juga mempersempit kesenjangan digital.

Pada implementasinya, nantinya desa terpilih akan diberikan bantuan teknologi seperti smart farming atau smart feeder selama periode tertentu untuk mengoptimalkan potensi desanya dengan pendampingan dan evaluasi berkala dari mitra yang bekerja sama dengan Pemprov Jabar. Program yang berhasil meraih sejumlah penghargaan ini turut berfokus meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dalam aspek lainnya seperti pada pendidikan, lingkungan, hingga sosial.

4  Kolaborasi dengan Shopee Indonesia yang hadirkan kurikulum bisnis digital

5 Program Pemerintah Jabar dalam Tingkatkan Angka Talenta Digitalkolaborasi PemProv Jabar dan Shopee Indonesia dalam mengadakan kurikulum bisnis digital (bappeda.jabarprov.go.id)

Pada sektor pendidikan, yang dimulai dengan upaya literasi digital yang terus disosialisasikan terutama pada kaum pelajar. Pemprov Jabar selanjutnya menghadirkan kurikulum bisnis digital yang merupakan bentuk kerja sama Pemprov Jabar bersama Shopee Indonesia. Pelatihan bisnis digital ini melibatkan sebanyak 206 sekolah kejuruan, di mana tenaga pengajar dan siswa akan mengikuti pelatihan.

Ridwan Kamil berharap bahwa kurikulum bisnis digital ini dapat menciptakan generasi penerus yang kompeten dan adaptif terhadap tantangan globalisasi. Lulusan SMK pun siap terjun ke dunia kerja bahkan menjadi wirausaha. Langkah ini kembali menjadi bukti bahwa kepemimpinan Ridwan Kamil di Jawa Barat menaruh perhatian bagi kebutuhan warganya di berbagai sektor kehidupan secara berkelanjutan.

5. Beasiswa blockchain sebagai "oleh-oleh" dari kunjungan kerja ke Amerika Serikat

5 Program Pemerintah Jabar dalam Tingkatkan Angka Talenta DigitalGubernur Ridwal Kamil saat berbicara dengan publik (jabarprov.go.id)

Bukan hanya menghadirkan kurikulum yang mutakhir, Ridwan Kamil juga membawakan “oleh-oleh” berupa beasiswa senilai Rp2,2 miliar dari kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat. Ridwal Kamil menyampaikan bahwa beasiswa tersebut ditujukan untuk generasi Z yang ingin belajar terkait teknologi blokchain. Terutama agar mampu menghadapi disrupsi digital seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence) maupun perdagangan aset mata uang kripto agar terhindar dari peluang menjadi korban penipuan.

Kepedulian Ridwan Kamil dan Pemprov Jabar terhadap pentingnya adaptasi dan akselerasi digital dalam berbagai tatanan kehidupan di Jawa Barat menjadi kunci yang mampu mewujudkan #JabarJuara. Visi Jawa Barat ini mendukung pembangunan yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat baik lahir maupun batin. Sebagai warga Jawa Barat, mari berpartisipasi dukung keberhasilan program pemerintah Jabar, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Provinsi Jawa Barat Menjadi Primadona Investasi Indonesia

Michelle Photo Verified Writer Michelle

Member IDN Times Community ini bukannya malu-malu menulis tentang dirinya, kok. Tapi gatau mau nulis apa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya