Isu Reshuffle Usai Mentan Diduga Korupsi, Jokowi: Dengar dari Mana?

Mentan Syahrul Yasin Limpo masih berada di Roma, Italia

Jakarta, IDN Times - Isu reshuffle di Kabinet Indonesia Maju kembali muncul usai Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, dikabarkan jadi tersangka dugaan kasus korupsi. Presiden Joko "Jokowi" Widodo menanggapi santai terkait isu tersebut.

"Dengar dari mana?" ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Baca Juga: Mahfud soal Senjata di Rumdin Mentan: Jika Tak Berizin, Proses Hukum

1. Mentan dikabarkan jadi tersangka

Isu Reshuffle Usai Mentan Diduga Korupsi, Jokowi: Dengar dari Mana?Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Partai Nasional Demokrat (NasDem) pun mengaku sudah mendengar berita tentang salah satu kadernya, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bendahara Umum NasDem, Ahmad Sahroni, ingin mendengar penjelasan resmi lebih dulu dari pimpinan komisi antirasuah terkait status Limpo. 

"Saya juga sudah dengar berita tadi malam bahwa Pak Mentan sudah jadi tersangka. Kita hormati proses hukum yang berlangsung dan kami hormati apa yang dilakukan oleh KPK," ujar Sahroni kepada media di Jakarta, Jumat (29/9/2023). 

Baca Juga: Mentan Syahrul Limpo Berada di Italia Saat Rumah Dinas Digeledah KPK

2. NasDem dukung KPK terkait pemberantasan korupsi

Isu Reshuffle Usai Mentan Diduga Korupsi, Jokowi: Dengar dari Mana?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sahroni menurutkan bahwa NasDem akan mendukung KPK melakukan pemberantasan korupsi, termasuk yang menyeret kadernya.

Penetapan status hukum terhadap Limpo merupakan tindak lanjut dari penggeledahan rumah dinas yang berlokasi di Komplek Menteri Widya Candra, Jakarta Selatan pada Kamis.

Penggeledahan itu mulai dilakukan pada pukul 17.00 WIB dan terus berlangsung hingga Jumat dini hari. Dari penggeledahan itu, tim penyidik menemukan sejumlah uang tunai. Sebab, tim penyidik ikut mengeluarkan mesin penghitung uang. 

Sementara, ketika dilakukan penggeledahan, Mentan Limpo diketahui tak berada di rumah dinas.

3. Mentan SYL sedang berada di Roma, Italia

Isu Reshuffle Usai Mentan Diduga Korupsi, Jokowi: Dengar dari Mana?Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/3/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sahroni mengatakan, saat ini posisi Mentan Limpo sedang di Roma, Italia. Namun, ia tak menyebut sejak kapan dan mengapa Mentan SYL bisa berada di sana. 

"Iya, Pak Mentan sekarang lagi di Roma," kata Sahroni kepada IDN Times.

Sementara, Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan bukti lebih lanjut. Ia tidak bersedia berkomentar soal status hukum Mentan Limpo saat ini. 

"Benar, ada giat di sana. Giat sedang berlangsung. Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut. Segera kami sampaikan perkembangannya," ungkap Ali pada Kamis. 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya