Ada Project S TikTok, Menkominfo Siap Jalankan Instruksi Jokowi

Project S TikTok dinilai bisa matikan UMKM

Jakarta, IDN Times - Project S milik aplikasi TikTok sedang menjadi sorotan. Sebab, Project S dinilai bisa mematikan kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengaku sudah mendapat arahan dari Presiden Jokowi tentang hal tersebut. Budi juga diminta Presiden Jokowi untuk menguatkan regulasi platform media sosial.

"Tadi Pak Presiden sudah sampaikan, platform media sosial soal bagaimana penguatannya dan sebagainya. Nanti selanjutnya, pokoknya kita jalankan instruksi Presiden," ujar Budi di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Baca Juga: Jokowi Tugaskan Menkominfo Budi Arie Atasi Project S TikTok

1. Jokowi sebut masalah Project S TikTok akan diselesaikan oleh Menkominfo

Ada Project S TikTok, Menkominfo Siap Jalankan Instruksi JokowiPresiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku sudah memberikan instruksi kepada Menkominfo untuk menyelesaikan masalah di dunia informasi dan teknologi (IT).

"Nanti itu tugasnya menteri baru, apanya akan lebih detail tanyakan Pak Menteri," kata Jokowi.

Baca Juga: DPR RI: Project S TikTok Akan Matikan UMKM, Perlu Aturan Tegas

2. Penjelasan soal Project S TikTok ancam UMKM

Ada Project S TikTok, Menkominfo Siap Jalankan Instruksi JokowiMenteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki, menjelaskan, mengapa Project S TikTok Shop mengancam keberlangsungan UMKM.

Dia mengatakan, TikTok adalah media sosial yang tergabung dengan platform e-commerce di dalamnya sehingga menjadi platform socio commerce. Algoritma TikTok pun bisa membaca kebiasaan pengguna TikTok sehingga dapat menjadi data yang digunakan untuk menggambarkan kebutuhan/permintaan konsumen di Indonesia.

Teten mengatakan, hal itu bisa berbahaya bagi keberlangsungan UMKM Indonesia. Mengingat, TikTok sendiri adalah platform media sosial milik China yang dikenal memiliki skala industri yang besar.

"Biasanya orang belanja di e-commerce itu biasanya dipengaruhi oleh perdebatan perbincangan di dalam media sosial. Lalu, dia membelinya di e-commerce. Nah, kalau sekarang algoritmanya, ini canggih lah algoritmanya ini sudah bisa mengarahkan, dan tahu consumer behavior di market digital kita," kata Teten kepada awak media saat ditemui di gedung KPK, Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Baca Juga: Menkop Sebut Project S TikTok Shop Ancam UMKM RI, Begini Penjelasannya

3. Data permintaan konsumen Indonesia bisa dimanfaatkan industri China

Ada Project S TikTok, Menkominfo Siap Jalankan Instruksi JokowiMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (dok. Tangkapan Layar Youtube Perekonomian RI)

Dia mengatakan, data konsumen yang diperoleh dari TikTok itu bisa dimanfaatkan oleh industri China sehingga mereka memproduksi barang yang diinginkan. Kemudian, barang-barang itu bisa membanjiri pasar Indonesia dengan sistem perdagangan bebas saat ini.

"Dia bisa memberikan informasi kepada produsen UMKM di China yang mau masuk ke Indonesia sehingga ini suatu ancaman karena itu ancaman bagi UMKM. Kita sudah perdagangan bebas, tapi saya kira setiap negara juga perlu melindungi UMKM, jangan sampai kalah bersaing," tutur Teten.

Dia mengatakan, Project S TikTok Shop itu pertama kali mencuat di Inggris. Data yang diperoleh dari para pengguna TikTok itu dianggap berbahaya bagi negara itu kemudian.

"Saya lihat Project S TikTok, misalnya di Inggris, itu perlu kita waspadai," ujar Teten.

Baca Juga: Duh, Project S TikTok Shop Bisa Jadi Ancaman bagi UMKM RI!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya