Alam Ganjar Bagi-Bagi Tips Masuk PTN, Coba yuk!

Saat bertemu pelajar di Medan, Alam ditanya soal ini

Jakarta, IDN Times - Putra calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, berkunjung ke SMA ST. Ignasius, Medan Johor, Sumatra Utara, pada Kamis (18/1/2024). Dalam kunjungan itu, Alam mengaku berdiskusi dengan sejumlah pelajar.

Salah satunya, Alam memberikan tips mengenai cara agar diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Kadang kita fokus pada hasil yang kita ingin capai, tapi nilai utama dari adalah keberhasilan adalah bagaimana kita menikmati sebuah proses yang dijalani untuk memperoleh keberhasilan tersebut," ujar Alam dalam keterangannya.

Baca Juga: Pelajari Peradaban Banten, Alam Ganjar Ziarah ke Makam Sultan Maulana

1. Riset soal jurusan yang diminati dan passing grade

Alam Ganjar Bagi-Bagi Tips Masuk PTN, Coba yuk!Alam Ganjar bertemu dengan sejumlah anak muda di Serang, Banten, pada Sabtu (13/1/2024) (IDN Times/Istimewa)

Alam saat ini tercatat sebagai mahasiswa Fakulitas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM). Alam mengatakan apabila ingin mendaftar ke PTN, harus mengetahui informasi berapa banyak jumlah mahasiswa yang akan diterima di jurusan tersebut.

"Disesuaikan lagi minat jurusan yang aman diambil. Sekarang kan sudah banyak informasi jenis masuk perguruan tinggi apa aja, kalau dulu kan masih SBMPTN dan SNMPTN, intinya kalau mau masuk UGM kan udah ada standar nilai tinggal nanti cek di passing grade UGM berapa dan itu yang harus dikejar," ucap dia.

Baca Juga: Alam Ganjar Ngobrol Bareng BEM-OSIS soal Pencegahan Kekerasan Seksual

2. Pahami kemauan dan kemampuan

Alam Ganjar Bagi-Bagi Tips Masuk PTN, Coba yuk!Alam Ganjar berkunjung ke SMA ST. Ignasius, Medan Johor, Sumatra Utara, pada Kamis (18/1/2024) (IDN Times/Istimewa)

Alam kemudian berpesan kepada para pelajar, untuk bisa memahami kemauan dan kemampuan diri. Sehingga, mampu menentukan jurusan terbaik untuk kuliah.

"Dulu aku memilih ITB menggunakan jalur nilai rapot karena passing grade gede banget jadi aku memilih UGM sebagai pilihan selanjutnya. Jadi ini soal kemauan sama kemampuan aja kalau temen-temen punya keinginan tertentu, kita tetep harus memperhitungkan," kata dia.

3. Alam ditanya mengenai apakah disabilitas bisa diterima di PTN

Alam Ganjar Bagi-Bagi Tips Masuk PTN, Coba yuk!Alam Ganjar berkunjung ke SMA ST. Ignasius, Medan Johor, Sumatra Utara, pada Kamis (18/1/2024) (IDN Times/Istimewa)

Dalam diskusi itu, Alam ditanya oleh salah satu siswa disabilitas bernama Amos. Dia bertanya apakah siswa berkebutuhan khusus bisa diterima di PTN.

"Banyak, di UGM, UI, UNDIP dan lain-lain ada mahasiswa berkebutuhan khusus yang bervariasi, bahkan temenku ada cerebral palsy jurusan matematika yang aku aja tidak berani ambil. Jadi siapapun sebetulnya terbuka kesempatan, fasilitas yang ada terbuka untuk seluruh kalangan masyarakat Indonesia," jelas Alam.

Baca Juga: Alam Ganjar Ngobrol Bareng BEM-OSIS soal Pencegahan Kekerasan Seksual

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya