Amphuri: Jemaah RI Diperkirakan Bisa Umrah Pertengahan Desember 2021

Pengajuan visa diperkirakan mulai awal Desember 2021

Jakarta, IDN Times - Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) melakukan pertemuan dengan Kementerian Agama. Pertemuan itu membahas mengenai poin-poin yang disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas kepada pemerintah Arab Saudi.

Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri), Zaky Zakaria, mengungkapkan jemaah asal Indonesia kemungkinan bisa kembali umrah pada pertengahan Desember 2021. Menurutnya, yang akan pertama berangkat adalah perwakilan dari PPIU.

"Pengajuan visa awal Desember, keberangkatan pertengahan Desember," kata Zaky dalam keterangannya, Selasa (23/11/2021).

1. Arab Saudi menyerahkan kuota kepada Indonesia

Amphuri: Jemaah RI Diperkirakan Bisa Umrah Pertengahan Desember 2021IDN Times/Uni Lubis

Zaky mengatakan Arab Saudi disebut menyerahkan kuota umrah di masa pandemik COVID-19 kepada Indonesia. Nantinya, pemerintah Arab Saudi akan mengkajinya.

"Akan ada pengumuman resmi dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengenai jemaah Indonesia," ucapnya.

Selain terkait keberangkatan jemaah, Zaky mengatakan, poin lain yang dibahas yakni mendorong agar tidak mensyaratkan vaksin booster bagi jemaah yang sudah mendapat dosis lengkap vaksin Sinovac maupun Sinopharm.

"Kemudian mendorong vaksin Sinovac, Sinopharm, diterima tanpa booster, full dosis," ujar 

Baca Juga: Bertemu Menteri Haji Saudi, Yaqut Berharap Jemaah RI Segera Bisa Umrah

2. Yaqut berharap jemaah Indonesia segera bisa umrah

Amphuri: Jemaah RI Diperkirakan Bisa Umrah Pertengahan Desember 2021Menag Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufig F. Alrabiah di Makkah. (dok. Kemenag)

Sebelumnya, Menag Yaqut bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufig F. Alrabiah di Makkah. Pertemuan itu berlangsung pada Senin, 22 November 2021.

“Alhamdulillah, hari ini saya bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufig F. Alrabiah di Makkah. Menteri Taufig mengatakan bahwa Indonesia adalah prioritas dalam masalah haji dan umrah,” ujar Yaqut dalam keterangannya.

Usai bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Yaqut berharap jemaah Indonesia bisa kembali pergi ke Tanah Suci untuk beribadah. Sebab, jemaah Indonesia sudah rindu untuk melaksanakan umrah dan haji.

Sebelum pertemuan Yaqut dan Taufig, terlebih dahulu ada pembahasan antara Wakil Menteri Haji Saudi dengan tim Kementerian Agama yang dikomandoi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Staf Khusus Menteri Agama, dan tim Konsul Haji Jeddah.

“Menteri Haji tadi mengapresiasi progress pembahasan awal yang sudah dilakukan Wakil Menteri Haji dengan tim Kemenag. Kita berharap semoga persiapan lanjutan baik di Saudi dan Tanah Air bisa segera selesai sehingga penyelenggaraan umrah bisa segera dibuka,” katanya.

3. Bahas kerja sama bilateral

Amphuri: Jemaah RI Diperkirakan Bisa Umrah Pertengahan Desember 2021Menag Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufig F. Alrabiah di Makkah. (dok. Kemenag)

Dalam pertemuan itu, kata Yaqut, Kementerian Agama dan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi turut membahas kerja sama bilateral terkait haji dan umrah.

"Kami memiliki visi yang sama dalam meningkatkan kerja sama seperti di bidang manasik haji atau penyuluhan secara terpadu,” katanya.

Dalam pertemuan itu, turut hadir Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, Sekjen Kemenag Nizar, Dirjen PHU Kemenag Hilman Latif, Konjen RI Jeddah Eko Hartono, Konsul Haji, dan Kuasa Usaha ad interim KBRI Riyadh Arief Hidayat.

Baca Juga: Penerima Vaksin Sinovac dan Sinopharm Mau Umrah? Ini Syaratnya

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya