Andika Perkasa Temui Wapres Ma'ruf Amin, Ini yang Dibahas

Pertemuan itu berlangsung siang tadi

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa menemu Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, Rabu (24/11/2021) siang. Dalam pertemuan tersebut, Andika membahas sejumlah isu kepada orang nomor 2 di Republik Indonesia tersebut.

"Beberapa waktu lalu pukul 11.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB siang, Wapres menerima Panglima TNI yang baru, Jenderal Andika. Beliau bersafari setelah menemui presiden dan wapres dan beberapa pejabat penting," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Daftar Lengkap Mutasi 23 Perwira TNI, Gebrakan Panglima Andika Perkasa

1. Wapres minta Panglima TNI terus pantau keamanan Papua

Andika Perkasa Temui Wapres Ma'ruf Amin, Ini yang DibahasWapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Foto: Setwapres)

Masduki menerangkan, selama menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Andika rutin melaporkan perkembangan internal TNI AD kepada Wapres Ma'ruf. Wapres kemudian menitipkan kepada Andika yang sudah menjadi Panglima TNI untuk senantiasa mengamankan keamanan nasional.

"Sekarang beliau (Andika) sekarang sudah jadi panglima, wapres meminta terus memantau perkembangan nasional seperti apa, khususnya di Papua, karena wapres memiliki tanggung jawab bagaimana menyejahterakan Papua, sementara yang kita tahu Panglima TNI punya tanggung jawab bagaimana supaya papua aman," katanya.

Wapres meminta kepada Andika untuk terus memberikan pengamanan terhadap Papua. Sehingga, proses pembangunan kesejahteraan Papua pada 2022 bisa tercapai.

Baca Juga: Potret Andika Perkasa Serahkan Jabatan KSAD ke Dudung Abdurachman

2. Pekan pertama jadi Panglima TNI, Jenderal Andika sambangi Mabes TNI AL

Andika Perkasa Temui Wapres Ma'ruf Amin, Ini yang DibahasPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa (depan sebelah kiri) ketika mengunjungi Mabes TNI AL pada Senin, 22 November 2021 (www.instagram.com/@tni_angkatan_laut)

Diberitakan sebelumnya, pekan pertama menjadi Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa menyambangi markas TNI Angkatan Laut di area Cilangkap, Jakarta Timur pada Senin (22/11/2021). Kehadiran Andika disambut langsung oleh Kepala Staf TNI AL, Laksamana Yudo Margono dan pejabat utama Mabes TNI AL.

Dikutip dari keterangan resmi TNI AL pada hari ini, Andika tiba sekitar pukul 08:50 WIB. Ia disambut valreef dan jajar kehormatan prajurit TNI AL. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu mengatakan tujuan dari kunjungannya itu karena ia ingin mendapatkan penjelasan langsung mengenai tantangan yang dihadapi oleh matra AL.

"Karena Beliau yang paling menguasai AL jadi saya ingin mendapatkan penjelasan langsung dari pimpinan AL mengenai semuanya. Apalagi yang menjadi tugas saya, ada sebagian tugas yang sebetulnya di bawah kewenangan dari Kepala Staf Angkatan Laut dan Kepala Staf Angkatan udara dan Angkatan Darat," kata Andika kepada media pada pagi tadi.

Andika dan Yudo kemudian menumpang mobil golf lalu diantar menuju ke ruang pertemuan. Prajurit TNI AL tak henti menyuarakan yel-yel sebagai bentuk sambutan kepada pimpinan TNI.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama Julius Widjojono mengatakan semangat yel-yel menunjukkan wujud ekspresi loyalitas para prajurit TNI AL kepada pemimpin TNI. "Hal itu juga menunjukkan bahwa kami siap mendukung program yang dijalankan," kata Julius dalam keterangan tertulis pada hari ini.

3. Jajaran TNI AL mengucapkan selamat kepada Andika usai dilantik jadi Panglima

Andika Perkasa Temui Wapres Ma'ruf Amin, Ini yang DibahasPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa ketika mengunjungi Mabes TNI AL pada Senin, 22 November 2021 (www.instagram.com/@tni_angkatan_laut)

Ketika mengunjungi Mabes TNI AL, Andika turut diberi ucapan selamat oleh para personel TNI AL lantaran resmi menjabat sebagai Panglima TNI. Yudo kemudian menyampaikan laporan kepada Andika tentang tugas TNI AL sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Di pasal 9 tertulis bahwa TNI AL melaksanakan tugas matra laut di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai hukum nasional dan internasional. TNI AL juga berkewajiban melaksanakan diplomasi AL untuk mendukung kebijakan politik luar negeri, serta melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan matra laut maupun pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

"Lima tugas itu menjadi pedoman bagi kami dalam bertugas," ujar Yudo.

Ia juga menyampaikan bahwa di TNI AL telah dilaksanakan validasi organisasi di antaranya pembentukan Skomlek (eselon pembantu pimpinan dalam organisasi Mabes), Puskopaska (Pasukan Katak), hingga Disbintalal (pembinaan mental personel TNI AL). Yudo juga telah menaikan pangkat Dankodiklatal dan Pushidrosal dari perwira tinggi bintang 2 menjadi perwira bintang 3 yang dilaksanakan pada tahun 2021.

Baca Juga: Profil Teguh Muji, Danjen Kopassus yang Ditunjuk Andika Perkasa

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya