Buka Rakernas APPSI di Bali, Ma'ruf Beri 5 Arahan ke Gubernur 

Ma'ruf minta gubenur bisa tingkatkan layanan publik

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Senin, 9 Mei 2022 malam membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2022 di Bali. Dalam pidatonya, Ma'ruf menyampaikan lima arahan kepada gubernur se-Indonesia.

Pertama, Ma'ruf meminta kepada para gubernur untuk memfokuskan program kerja daerah terhadap dampak dari pandemik COVID-19. Menurutnya, COVID-19 telah mengubah aspek kehidupan masyarakat

“Saya minta program-program lebih banyak difokuskan pada penguatan daya beli dan penurunan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan ekonomi,” ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Terbang ke Bali, Wapres Ma'ruf Buka Rakernas APPSI Bareng Anies

1. Tingkatkan SDM di daerah

Buka Rakernas APPSI di Bali, Ma'ruf Beri 5 Arahan ke Gubernur Wapres Ma'ruf Amin buka Rakornas APPSI 2022 di Bali (dok. Setwapres)

Kedua, Ma'ruf meminta gubernur untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerahnya masing-masing. Menurutnya, bila SDM unggul, kemajuan daerah akan semakin nyata.

“Ciptakan ekosistem yang mendukung pencapaian optimal SDM di daerah melalui institusi ekonomi yang mampu memfasilitasi kemampuan dan bakat masyarakat, terutama generasi muda,” ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Terbang ke Amerika Besok, Ma'ruf Amin Sampaikan Selamat Jalan

2. Ma'ruf ingatkan soal bangga buatan produk lokal

Buka Rakernas APPSI di Bali, Ma'ruf Beri 5 Arahan ke Gubernur Wapres Ma'ruf Amin buka Rakornas APPSI 2022 di Bali (dok. Setwapres)

Arahan yang ketiga, Ma'ruf mengingatkan kepada semua pihak untuk bangga terhadap produk buatan lokal. Hal itu dilakukan untuk memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

Terlebih, dunia saat ini sedang mengalami krisis ekonomi global. Krisis tersebut terjadi akibat adanya pandemik COVID-19 dan perang antara Rusia-Ukraina.

“Seluruh aparat Pemerintah Daerah agar memberikan contoh dalam penggunaan produk-produk dalam negeri, sehingga produk buatan kita menjadi raja di rumah sendiri,” katanya.

Keempat, mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini berpesan kepada gubernur agar senantiasa berpihak kepada para pelaku UMKM. Misalnya, memberikan subsidi bunga pinjaman, restrukturisasi kredit, pemberian modal kerja, insentif perpajakan, dan penguatan teknologi digital bagi UMKM.

3. Wapres minta gubernur dorong pelayanan publik yang berkualitas

Buka Rakernas APPSI di Bali, Ma'ruf Beri 5 Arahan ke Gubernur Wapres Ma'ruf Amin buka Rakornas APPSI 2022 di Bali (dok. Setwapres)

Terakhir, Wapres Ma'ruf berpesan kepada para gubernur untuk senantiasa memberikan pelayanan yang berkualitas. Hal itu dilakukan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Saya minta seluruh Gubernur konsisten melanjutkan reformasi birokrasi dan pembenahan manajemen ASN karena sekitar 77 persen ASN berada di instansi daerah,” ujarnya.

Selain itu, Wapres juga mengingatkan kepada para gubernur untuk melakukan percepatan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di daerah masing-masing, agar mempermudah masyarakat dalam mengurus berbagai perizinan dan administrasi kependudukan.

“Saya juga titip kepada para Gubernur untuk mendorong penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di kabupaten dan kota di masing-masing provinsi sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021, karena ini adalah langkah strategis dalam perbaikan sistem pelayanan publik di Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga: [BREAKING] Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Masjid Istiqlal, Kumandangkan Takbir Bareng

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya