Cara Ganjar Kembangkan UMKM Dinilai Layak Diterapkan di Nasional

Jateng dapat penghargaan 3 kali berturut soal KUR

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinilai mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan baik di wilayahnya. Pengamat ekonomi, Harry Seldadyo menilai, strategi Ganjar mengembangkan UMKM bisa diterapkan secara nasional.

Harry mengatakan, Ganjar sudah tiga kali mendapat penghargaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara beruntun dari Kemenko Perekonomian selama memimpin Jawa Tengah.

“Kita bisa melihat kalau Jawa Tengah tiga kali mendapat mendapatkan penghargaan itu artinya sudah ada jalur yang bisa diikuti dan itu jalur terbukti berhasil, sehingga dia menjadi best practice tepat untuk ditiru,” ujar Harry dalam keterangannya, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dinilai Punya Komitmen Berantas Korupsi, Apa Buktinya?

1. Layak diterapkan secara nasional

Cara Ganjar Kembangkan UMKM Dinilai Layak Diterapkan di NasionalBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Harry mengatakan, cara Ganjar mengembangkan UMKM di Jawa Tengah layak diterapkan secara nasional. Dia mengatakan, program tersebut berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kalau begitu, ketika terobosan itu sudah diciptakan, ketika aksi itu sudah dibuka, tentu rahasia di balik itu yang perlu mendapatkan perhatian yang lebih jauh dan rahasia itu bisa dibagikan kepada khalayak banyak,” katanya.

“Dan eskalasi menjadi penting ketika dia dijalankan oleh orang yang punya pengalaman tentang itu, dengan kata lain kita bisa menaruh harapan atas pengalaman ini, sehingga usaha-usaha untuk menjangkau UMKM dan usaha super mikro yang lebih luas lagi bisa terjadi,” sambungnya.

Baca Juga: PDIP: Dukungan Ganjar Pranowo Geser Anies Baswedan di Jawa Barat

2. Jateng dinilai sebagai provinsi terbaik dalam penyaluran KUR

Cara Ganjar Kembangkan UMKM Dinilai Layak Diterapkan di NasionalBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Penghargaan itu diberikan karena Jawa Tengah dianggap sebagai provinsi terbaik dalam penyaluran KUR. Angka penyalurannya sebesar Rp55,27 triliun.

Ganjar menggagas program KUR Super Mikro dengan bunga hanya 3 persen per tahun untuk pengembangan UMKM yang menjadi pemantik pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Baca Juga: Survei LPI: Ganjar Jadi Capres Paling Banyak Didukung Emak-emak

3. Program lainnya juga bisa diterapkan secara nasional

Cara Ganjar Kembangkan UMKM Dinilai Layak Diterapkan di NasionalGanjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Harry menerangkan, di era Ganjar Jawa Tengah juga pernah meraih beberapa kali pengharagaan sebagai Provinsi Ramah Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta hattrick Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Bappenas RI.

"Yang tadi saya sebutkan tidak hanya dari dari UMKM, tapi juga dari penghargaan-penghargaan lain yang juga hattrick nampaknya pola-pola ini yang perlu untuk di eskalasi, untuk diperluas, dan tentu saja memberi harapan bagi kita semua, memberi harapan bagi banyak orang yang membutuhkan akses pada sumber-sumber pembiayaan,” ucap dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya