Curhat Siswa ke Jokowi: Pak, Saya Ingin Tatap Muka, Bingung di Rumah

Hal itu disampaikan saat acara peringatan Hari Anak Nasional

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri acara puncak peringatan Hari Anak Nasional secara virtual. Acara yang ditayangkan melalui channel YouTube Kementeruan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) itu, dihadiri sejumlah siswa.

Jokowi pun menyapa siswa SD Sudimara, Banyumas, Jawa Tengah secara virtual.

"Halo, selamat pagi, Assalamu'alaikum," sapa Jokowi, Jumat (23/7/2021).

Jokowi kemudian mengingatkan kepada anak-anak yang mengikuti acara mengenai masa pandemik COVID-19. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, pandemik COVID-19 di Indonesia terjadi sejak Maret 2020.

"Selama pandemi saya juga tahu anak-anak menjadi sering di rumah, tidak pergi ke sekolah, tidak bepergian. Benar," tanya Jokowi.

"Benar," seru siswa.

Baca Juga: Hari Anak Nasional: Lebih Dari 350 Ribu Anak Terpapar COVID-19

1. Ada seorang siswa minta sekolah tatap muka

Curhat Siswa ke Jokowi: Pak, Saya Ingin Tatap Muka, Bingung di RumahPresiden Jokowi mengadakan acara melalui Zoom bersama siswa SD (youtube.com/kemenPPPA)

Jokowi kemudian meminta para siswa untuk tetap semangat belajar di rumah. Jokowi menyadari kerinduan anak-anak untuk bertemu dengan teman, sanak keluarga di masa pandemik.

"Anak-anak rindu juga ya ketemu dengan, rindu ketemu dengan teman-temannya, ketemu dengan kakeknya, neneknya, pamannya, bibinya," katanya.

Salah satu siswa perempuan kemudian menyampaikan keinginannya untuk sekolah tatap muka. Dia mengaku bosan di rumah.

"Pak, saya ingin (sekolah) tatap muka, sudah kelamaan di rumah bingung," kata siswa itu.

Jokowi kemudian menjelaskan, pemerintah sebelumnya sudah memiliki rencana pada Juli 2021 akan menggelar sekolah tatap muka. Namun, karena kasus Corona masih tinggi, rencana itu batal dilakukan.

"Ya pak, iya," kata siswa lainnya saling bersahutan.

Baca Juga: 5 Kegiatan Bermakna untuk Merayakan Hari Anak Nasional di Rumah

2. Jokowi minta anak-anak disiplin prokes

Curhat Siswa ke Jokowi: Pak, Saya Ingin Tatap Muka, Bingung di RumahANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Lebih lanjut, Jokowi meminta kepada para siswa untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Jokowi kembali mengingatkan kepada anak-anak untuk tetap di rumah selama masa pandemik.

"Anak-anakku semua adalah masa depan Idonesia. Harus tetap semangat belajar dan teruslah bergembira, rajin beribadah jangan lupa juga berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon perlindungan bagi kita semua, bagi bangsa Indonesia. Selamat hari Anak Nasional untuk semua anak-anakku di Indonesia, anak-anak Terlindungi, Indonesia maju," katanya.

3. Jokowi ajak anak-anak Indonesia tekan penularan COVID-19

Curhat Siswa ke Jokowi: Pak, Saya Ingin Tatap Muka, Bingung di RumahIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Jokowi juga menyampaikan ucapan Hari Anak Nasional (HAN) melalui akun Instagramnya. Dalam peringatan HAN yang jatuh pada Jumat (23/7/2021), Jokowi mengajak seluruh anak di Indonesia untuk menjaga diri dengan belajar dan main di rumah saja.

"Anak-anak Indonesia yang saya sayangi. Saya tahu, hari-hari dalam setahun ini, kalian lebih sering berkegiatan dan belajar di rumah, tidak bepergian serta tidak bermain ke luar rumah. Saya tahu, kalian pasti rindu berkumpul dengan teman, sepupu, atau kakek dan nenek," tulis Jokowi di akun instagramnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk keselamatan semua. Berada di dalam rumah merupakan cara agar tidak tertular virus COVID-19. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian mengajak anak-anak untuk menekan penularan COVID-19. Caranya, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Anak-anak bisa ikut berpartisipasi menekan penularan COVID-19 dengan disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, dan jangan lupa mencuci tangan," katanya.

Jokowi kemudian meminta anak-anak bersabar dan tetap di rumah selama masa pandemik. Dia mengingatkan untuk senantiasa semangat belajar.

Baca Juga: Menkumham Minta Publik Hapus Stigma pada Tahanan Anak

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya