Comscore Tracker

Daftar 10 Daerah Luar Jawa-Bali yang Masih PPKM Level 4

Ada 105 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali masuk PPKM level 3

Jakarta, IDN Times - Pemerintah telah memperpanjang masa PPKM di luar Jawa-Bali hingga 4 Oktober 2021. Di luar Jawa-Bali, masih ada 10 daerah yang masuk wilayah PPKM level 4.

Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2021. Selain itu, ada 105 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang masuk PPKM level 3. Sisanya masuk wilayah PPKM level 2.

Baca Juga: [BREAKING] Perpanjangan PPKM: Restoran di Mal Sudah Boleh Dine In

1. Daftar 10 daerah PPKM level 4 luar Jawa-Bali

Daftar 10 Daerah Luar Jawa-Bali yang Masih PPKM Level 4Pengunjung memindai kode batang dari aplikasi peduli lindungi sebelum memasuki kawasan wisata The Lodge Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (17/9/2021) (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Hingga kini, masih ada 10 daerah di luar Jawa-Bali yang masih berada di level 4. Berikut daftarnya:

  1. Aceh Tamiang (Aceh)
  2. Pidie (Aceh)
  3. Bangka (Bangka Belitung)
  4. Padang (Sumatera Barat)
  5. Banjarbaru (Kalimantan Selatan)
  6. Banjarmasin (Kalimantan Selatan)
  7. Balikpapan (Kalimantan Timur)
  8. Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur)
  9. Tarakan (Kalimantan Timur)
  10. Bulungan (Kalimantan Utara).

Baca Juga: Ini Aturan Baru Perpanjangan PPKM Level 4 di Jawa-Bali

2. Tak ada daerah di Jawa-Bali yang masuk PPKM level 4

Daftar 10 Daerah Luar Jawa-Bali yang Masih PPKM Level 4Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhur Binsar Pandjaitan mengatakan, tidak akan kabupaten/kota masuk PPKM level 4 di Jawa-Bali.

"Tidak ada kabupaten/kota di PPKM level 4 yang ada di Jawa-Bali. Semua pada di level 3 dan 2," kata Luhut dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (20/9/2021).

Dengan demikian, pemerintah pun memutuskan memperpanjang PPKM di Jawa-Bali hingga dua minggu ke depan.

"Melihat perkembangan yang ada, maka perubahan PPKM level diberlakukan selama dua minggu untuk Jawa-Bali. Namun, evaluasi tetap dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat," ucap Luhut.

3. Empat strategi Menkes hadapi pandemik COVID-19 jadi endemik

Daftar 10 Daerah Luar Jawa-Bali yang Masih PPKM Level 4Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, meski saat ini kondisi kasus COVID-19 di Tanah Air sudah membaik, pemerintah dan masyarakat tetap waspada serta tetap mengacu pada empat strategi penanganan pandemik.

"Pertama, kita harus memperkuat protokol kesehatan, kedua harus tetap menjalankan strategi deteksi mencakup testing, tracing, treatment dan juga isolasi. Ketiga, harus mempercepat strategi vaksinasi, dan keempat memperkuat pelayanan rumah sakit," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (20/9/2021).

Budi menjelaskan strategi protokol kesehatan atau 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan), strategi deteksi, dan vaksinasi diarahkan ke sisi hulu. Sedangkan, strategi memperkuat pelayanan untuk penanganan pasien COVID-19 di rumah sakit.

"Yang perlu kita pahami, karena baik untuk mencegah lonjakan ketiga pandemik ini atau sudah berubah menjadi endemik, tetap guideline dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) tentang strategi penanganan pandemik ini kita jalankan," kata Menkes.

Baca Juga: [BREAKING] PPKM di Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 4 Oktober

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya