Diduga Dihina Rocky Gerung, Jokowi: Itu Hal Kecil

“Bahkan sudah masuk ke kategori ujaran kebencian.”

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo merespons santai dugaan penghinaan yang disampaikan oleh Rocky Gerung. Menurutnya, apa yang disampaikan Rocky Gerung merupakan hal kecil.

"Itu hal-hal kecil. Saya kerja saja," ujar Jokowi di Senayan Park, Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Baca Juga: Ini Pernyataan Rocky Gerung yang Dianggap Menghina Jokowi

1. Pernyataan Rocky Gerung diduga hina Jokowi

Diduga Dihina Rocky Gerung, Jokowi: Itu Hal KecilRocky Gerung (IDN Times/Fitang Budhi)

Sebelumnya, beredar potongan video Rocky Gerung diduga menghina Presiden Jokowi. Salah satu akun yang mengunggah potongan video tersebut adalah Ketua Cyber Indonesia, Muannas Alaidid.

Dalam unggahan di akun Instagramnya, Muannas kemudian menandai akun Instagram Divisi Humas Polri.

"Boleh ya bilang presiden kita baj***** tol** @divisihumaspolri @ccicpolri," tulis Muannas dikutip IDN Times, Selasa (1/8/2023).

Berikut pernyataan Rocky Gerung dalam potongan video tersebut.

"Begitu Jokowi kehilangan kekuasaannya, dia jadi rakyat biasa gak ada yang peduli nanti, tetapi ambisi Jokowi adalah mempertahankan legacy-nya, dia masih pergi China buat nawarin IKN, dia masih mondar mandir dari satu koalisi ke koalisi yang lain, itu baj***** yang tol**, kalau dia baj***** pintar, dia mau terima berdebat dengan Jumhur Hidayat, tapi baj***** tol** itu sekaligus baj***** yang pengecut," kata Rocky.

Baca Juga: Bela Rocky Gerung, NasDem: Pejabat Negara Harus Terbiasa Dikritik

2. PDIP nilai Rocky Gerung akhlaknya rusak

Diduga Dihina Rocky Gerung, Jokowi: Itu Hal KecilSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman)

Secara terpisah, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menilai pernyataan Rocky Gerung itu sebagai bentuk rusaknya akhlak. Menurutnya, pernyataan Rocky Gerung itu di luar kepantasan karena menghina Presiden Jokowi.

"Kami menilai pernyataan bahwa Presiden itu sebagai “baj***** yang tol**” adalah puncak kerusakan akhlak, degradasi nalar dan kemandulan akal sehat. Rocky Gerung secara sadar sedang berusaha menghasut publik dengan kata-kata yang sangat menghina, tendensius dan nirbudi pekerti," ujar Hasto dalam keterangannya.

3. Pernyataan Rocky Gerung masuk delik penghinaan Presiden

Diduga Dihina Rocky Gerung, Jokowi: Itu Hal KecilSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto menilai, pernyataan Rocky Gerung itu masuk dalam delik penghinaan terhadap presiden. Menurutnya, pernyataan Rocky tak lagi masuk kategori kritik.

"Bahkan sudah masuk ke kategori ujaran kebencian. PDI Perjuangan memprotes keras dan meminta Rocky Gerung untuk meminta maaf. Jangan manfaatkan kebaikan Presiden Jokowi yang membangun kultur demokrasi dengan respek terhadap kebebasan berpendapat dan berorganisasi, lalu dipakai mencela Presiden dengan cara-cara yang tidak berkeadaban,” kata Hasto.

Baca Juga: Jokowi Bakal Berikan Golden Visa Buat Bos OpenAI Sam Altman

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya