Comscore Tracker

Digadang-gadang Jadi Pj Gubernur Pengganti Anies, Ini Kata Heru Budi

Heru saat ini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden

Jakarta, IDN Times - Nama Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono digadang-gadang menjadi penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang habis masa jabatannya tahun ini. Heru mengaku belum ada pembicaraan terkait itu kepadanya.

"Belum ada pembicaraan ke arah itu, dan masih banyak kandidat yang lebih banyak," ujar Heru kepada wartawan, Selasa (17/5/2022). Heru mengaku belum kepikiran menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Heru mengawali karier sebagai PNS di Pemprov DKI Jakarta.

Jabatan tertinggi Heru di lingkungan Pemprov DKI Jakarta sebagai pejabat eselon II.

"Ya memang saya berkarier lama di Pemda DKI," sambungnya.

Baca Juga: Gerindra Setuju Jika Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

1. Wagub DKI sebut soal penjabat urusan pemerintah pusat

Digadang-gadang Jadi Pj Gubernur Pengganti Anies, Ini Kata Heru BudiWagub DKI Jakarta Riza Patria di lahan Sawah Abadi, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (15/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Secara terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, soal siapa yang akan menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta merupakan urusan pemerintah pusat.

"Mengenai masa jabatan gubernur yang habis di 16 Oktober 2022, DKI Jakarta sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan Perpres dan lainnya, sepenuhnya menjadi kewenangan Pemerintah Pusat, Presiden Jokowi, Mendagri dan jajarannya. Kami semua mengikuti, melaksanakan apa yang menjadi aturan dan ketentuan," kata Riza di Jakarta, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: Alasan Kuat Heru Paling Berpeluang Gantikan Anies, Ini Analisanya 

2. Politikus Gerindra ungkap 3 keunggulan Heru untuk gantikan Anies

Digadang-gadang Jadi Pj Gubernur Pengganti Anies, Ini Kata Heru BudiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya, Politikus Senior Partai Gerindra DKI Jakarta, Mohamad Taufik, menilai sosok Heru cocok menggantikan Anies Baswedan.

Heru dia nilai memiliki keunggulan lebih komplit dibandingkan dua calon lain yang disebut-sebut, yakni Deputi IV KSP yang juga Eks Timses Presiden Jokowi, Juri Ardiantoro, dan Sekda DKI, Marulah Mattali. Dari tiga nama tersebut, Heru dinilai Taufik, sebagai sosok yang tepat untuk diberi amanah menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta.

"Dari tiga nama calon pejabat Gubernur DKI, Heru yang paling tepat," ujarnya kepada wartawan, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Politikus Gerindra Ungkap 3 Keunggulan Heru untuk Gantikan Anies

3. Tiga keunggulan Heru dibanding calon lain

Digadang-gadang Jadi Pj Gubernur Pengganti Anies, Ini Kata Heru BudiKepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Alasannya, kata Taufik, Heru memiliki tiga keunggulan sekaligus dibanding dua calon lain, yaitu pernah berkarier sejak jadi staf hingga sebagai pejabat eselon II di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Pertama, dia paham Pemda DKI karena pernah menjadi pejabat di DKI. Dia memulai karir dari bawah sampai wali kota dan bahkan sampai pada kepala badan di tingkat provinsi," katanya.

Kedua, ia tak menampik kedekatan Heru dengan Presiden Jokowi yang sudah terjalin sejak Jokowi menjadi Gubernur DKI. Kedekatannya kian erat saat ia diboyong ke istana dan menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden.

Heru juga memiliki komunikasi yang baik dengan DPRD DKI sejak lama. Sehingga akan memudahkan tugasnya saat diberi amanah menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta.

"Ketiga, sudah barang tentu kompetensinya memadai dan punya banyak relasi dengan para anggota legislatif," ujarnya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya