Ganjar Beberkan Kriteria Cawapresnya, Apa Saja?

Ganjar tak ingin cawapresnya hanya jadi ban serep

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo membeberkan kriteria cawapres yang akan mendampinginya. Hal itu disampaikan Ganjar saat hadir secara virtual dalam acara Indonesia Data and Economic (IDE) Conference 2023 yang digelar Katadata.

"Kita harapkan si wapres ini orang yang energi, orang yang satu visi, terus orang yang bisa mengeksekusi beberapa pekerjaan," ujar Ganjar, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga: Ganjar Ikhlas Relawan Beralih, Fauzi: Semua Akan Prabowo pada Waktunya

1. Ganjar ingin cawapresnya bukan hanya jadi ban serep

Ganjar Beberkan Kriteria Cawapresnya, Apa Saja?Bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Ganjar mengatakan kriteria tersebut juga masuk dalam proses pematangan pemilihan cawapres di internal partai koalisi. Ganjar berharap, posisi cawapres fungsinya tidak hanya menjadi ban serep saja.

"Ketika ada potensi yang sangat bagus, maka jangan jadikan sebagai ban serep," kata dia.

2. Cawapres dari ekonom akan bisa membantu

Ganjar Beberkan Kriteria Cawapresnya, Apa Saja?Bakal Capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Amir Faisol)

Ganjar menyiratkan dirinya lebih suka bila cawapresnya berasal dari latar belakang ekonomi. Sehingga, bisa menyusun strategi mengenai ekonomi dengan pas.

"Ketika seorang wapres adalah seorang ekonomi yang hebat, pengalaman bisnis yang hebat, itu akan sangat membantu," ucap dia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Ajak Ganjar dan Prabowo Tamasya ke Danau Toba

3. Bila cawapresnya bukan ekonom, harus ada tim ekonomi yang baik

Ganjar Beberkan Kriteria Cawapresnya, Apa Saja?Bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Gubernur Jawa Tengah mengatakan bila cawapresnya bukan ekonom, harus ada tim ekonom yang baik. Menurutnya, di masa pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga memiliki tim ekonomi yang kuat.

"Tapi seandainya tidak (cawapresnya bukan ekonom), jalan yang berikutnya tim yang kuat," imbuhnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Baliho Ganjar dan Prabowo Ramai di Sumut, Sandiaga: Saya Ajak ke Toba

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya