Ganjar Dapat Curhatan Warga Sumut soal Kenaikan Harga Bahan Pokok

Ganjar bicara perlu ada stabilitasi harga

Jakarta, IDN Times - Calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo melakukan safari politik di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut) pada Jumat (10/11/2023). Dalam kunjungan itu, Ganjar dicurhati warga soal kenaikan harga kebutuhan bahan pokok.

"Harga telur naik, Pak, naik Rp2.000," ujar salah seorang warga bernama Rini.

Selain itu, warga juga mengeluhkan mahalnya harga beras dan cabai.

Baca Juga: Ganjar Ajak Relawan di Sumut Solid  Menangkan Pilpres 2024

1. Ganjar sebut stabilisasi harga harus segera dilakukan

Ganjar Dapat Curhatan Warga Sumut soal Kenaikan Harga Bahan PokokGanjar Pranowo melakukan safari politik Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut), pada Jumat (10/11/2023) (IDN TImes/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyebut stabilisasi harga harus segera dilakukan agar harga kebutuhan pokok bisa segera ditekan.

"Memang stabilisasi ini harus segera dilakukan, apakah mulai dengan cara memantau harga komoditas termasuk stoknya sehingga distribusinya akan bisa lebih cepat atau mendatangkan dari sumber-sumber lain. Itulah yang bisa kita lakukan. Stabilisasi harus segera dilakukan, karena ini sudah menjadi obrolan-obrolan di masyarakat," ucap Ganjar.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Janji Akses Internet Merata di RI Lewat Zero Blank Spot

2. Ganjar singgung produksi pangan yang dilakukan petani

Ganjar Dapat Curhatan Warga Sumut soal Kenaikan Harga Bahan PokokGanjar Pranowo hadir dalam acara gebyar seni dan budaya di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut), Jumat (10/11/2023) (IDN TImes/Istimewa)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu kemudian menyinggung produksi pangan yang dilakukan petani harus bisa digenjot. Salah satunya dengan distribusi pupuk subsidi yang baik.

Dia mengatakan, penerima pupuk subsidi harus didata agar tepat sasaran. Selain itu, pupuk subsidi juga harus ditambah.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Ingatkan Relawan Jangan Olok-olok Capres Lain

3. Jumlah petani Indonesia harus didata dengan benar

Ganjar Dapat Curhatan Warga Sumut soal Kenaikan Harga Bahan PokokGanjar Pranowo hadir dalam acara gebyar seni dan budaya di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut), Jumat (10/11/2023) (IDN TImes/Istimewa)

Lebih lanjut, Ganjar menerangkan, jumlah petani Indonesia harus didata dengan baik.

"Pupuk kesulitan, maka penting satu untuk mendata, siapa penerima pupuknya, distribusinya harus tepat sasaran dan mesti digitalisasi, sehingga siapa berhak dan siapa gak berhak. Harus kita selesaikan satu data petani Indonesia," imbuhnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Datangi Garut, Santri Relawan Ganjar Bantu Bangun Masjid

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya