Ganjar Dinilai Bacapres Paling Dekat dengan Nahdlatul Ulama

Istri Ganjar merupakan cucu dari ulama terkenal NU

Jakarta, IDN Times - Pengamat komunikasi politik, Ratna Puspita, menilai bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, dekat dengan Nahdlatul Ulama (NU). Ratna juga menilai, hubungan Ganjar dan NU terjalin dengan baik.

“Dari tiga nama bakal calon presiden, Ganjar Pranowo memiliki keuntungan dalam relasinya dengan organisasi masyarakat (ormas) Islam terbesar di Indonesia itu,” ujar Ratna, Minggu (20/8/2023).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Bertemu Cak Imin, Said Abdullah: Pertemuan Teman Lama

1. Istri Ganjar merupakan cucu dari kiai NU

Ganjar Dinilai Bacapres Paling Dekat dengan Nahdlatul UlamaIstri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh saat selfie dengan relawan GP Center. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Ratna mengatakan, hubungan Ganjar dan NU bukan hanya sekadar di bidang pemerintah. Menurutnya, istri Ganjar, Siti Atiqoh Supriyanti merupakan cucu dari kiai NU terkemuka di Purbalingga, yakni KH Hisyam A Karim.

KH Hisyam A Karim merupakan pendiri Pondok Pesantren Roudlotus Sholihin Sukawarah di Karanganyar, Purbalingga, Jawa Tengah.

“Posisi ini menjadikan Ganjar sebagai bagian dari keluarga NU dan Nahdliyin,” kata dia.

Baca Juga: Andika Perkasa Siap Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

2. Wagub Ganjar juga merupakan anak dari Mbah Moen

Ganjar Dinilai Bacapres Paling Dekat dengan Nahdlatul UlamaWagub Jateng Taj Yasin Maimoen memberikan keterangan soal pelaporan LHKPN. (IDN Times/bt)

Selain itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, juga merupakan anak dari ulama terkenal dari NU, KH Maimun Zubair atau Mbah Moen.

"Ganjar telah menunjukkan bahwa relasinya dengan NU, para ulama, dan Nahdliyin merupakan hubungan berbasis kultural dan profesional. Dalam banyak kesempatan, Ganjar telah menunjukkan sikap dan pernyataan yang menunjukkan bahwa ia memiliki napas perjuangan yang sama dengan NU dalam merawat keberagaman di Indonesia,” kata dia.

3. Soroti pertemuan Ganjar dan Cak Imin

Ganjar Dinilai Bacapres Paling Dekat dengan Nahdlatul UlamaKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar bertemu dengan Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo (dok. IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ratna menyoroti pertemuan Ganjar dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Dia menilai, Ganjar ingin menjaga hubungan baik dengan PKB.

“Meski keduanya berada dalam kubu berbeda di politik karena Cak Imin bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto, Ganjar tetap menjaga hubungan baik dengan ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut,” imbuhnya.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya