Gibran Didukung Kiai dan Santri di Pati untuk Maju Jadi Cawapres

Gibran dinilai sosok yang ramah terhadap kiai

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mendapat dukungan maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari kiai dan santri di Pati, Jawa Tengah. Mereka mengatasnamakan diri sebagai Jam’iyyah Kiai Santri Pesantren Nusantara (JKSPN).

"Sosok Gibran dinilai pantas diusulkan menjadi calon wakil presiden. Alasan memilih dia selain karena mewakili sosok kaum milenial, juga dekat dengan kiai maupun santri," ujar Ketua Umum JKSPN, Itqonul Hakim dilansir ANTARA, Minggu (24/9/2023).

Baca Juga: Klarifikasi Gibran soal Pria Bernama Gibran Ditangkap Polisi Arab

1. Gibran dinilai ramah terhadap kiai

Gibran Didukung Kiai dan Santri di Pati untuk Maju Jadi CawapresWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Hakim menilai Gibran merupakan sosok yang ramah terhadap kiai. Dia menyebut, ketika ada kegiatan, Gibran senantiasa memberikan dukungan fasilitas.

"Kami hanya merekomendasikan. Persoalan nanti calon wapres siapa, biarkan waktu yang menjawab," ujarnya.

Baca Juga: Survei Cawapres: Elektabilitas Mahfud MD Kalahkan RK, Gibran dan Erick

2. Relawan se-Jateng dukung jadi Cawapres

Gibran Didukung Kiai dan Santri di Pati untuk Maju Jadi CawapresWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumnya, sebanyak seribuan relawan Jokowi dan Gibran dari Jawa Tengah berkumpul di Gedung Wanita Solo untuk menghadiri acara silaturami bersama. Sebanyak delapan unsur relawan menyampaikan aspiranya dan dukungannya kepada Gibran untuk maju sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres).

"Harus siap jadi wapres untuk melanjutkan tugas Pak Jokowi. Siap dukung Mas Gibran jadi wapres," susul teriakan relawan.

"Kita sudah ditandatangani Mas Gibran menjadi Gubernur Jateng. Tapi, kalau garis lurus sebagai Wakil Presiden, kita mendukung Mas Gibran," kata relawan lagi.

3. Gibran mengaku tak ada teguran dari PDIP

Gibran Didukung Kiai dan Santri di Pati untuk Maju Jadi CawapresWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Terkait dengan dukungan relawan se-Jateng, Gibran mengaku tidak tahu. Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu mengaku jika kedatangannya ke acara tersebut semata hanya menghadiri silaturahmi relawan.

"(Kemarin) menghadiri undangan aja. Nggak tahu (ada teriakan maju wakil presiden). Saya hanya menghadiri silaturahmi halal bihalal itu aja," kata Gibran saat ditemui di Balaikota Solo, Kamis (6/7/2023).

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya