Survei Cawapres: Elektabilitas Mahfud MD Kalahkan RK, Gibran dan Erick

Survei digelar pada 7 sampai 16 September 2023

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Senopati Syndicate merilis hasil riset terkait elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasilnya, Menko Polhukam Mahfud MD berhasil meraih posisi pertama sebagai cawapres.

Baca Juga: Demokrat Gabung KIM, Peluang Yusril Cawapres Prabowo Makin Terbuka?

1. Ridwan Kamil dan Gibran bersaing ketat

Survei Cawapres: Elektabilitas Mahfud MD Kalahkan RK, Gibran dan ErickWakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ridwan Kamil (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mahfud mendapatkan perolehan suara paling tinggi dengan torehan 28 persen. Kemudian disusul Ridwan Kamil dan Gibran Rakabuming Raka yang bersaing ketat.

"Ridwan Kamil dan Gibran bersaing ketat dalam perolehan suara polling: Ridwan di posisi kedua sebanyak 15 persen dan Gibran di posisi ketiga sebanyak 14 persen," tutur Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Kamis (21/9/2023).

Posisi berikutnya adalah Erick Tohir 13 persen, Khofifah Indar Parawansa 10 persen, Yusril Ihza Mahendra 7 persen, Muhaimin Iskandar 6 persen, Sandiaga Uno 3 persen, Airlangga Hartarto 2 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 1 persen.

Baca Juga: Masa Pendaftaran Digeser, Capres-Cawapres Ditetapkan 13 November 2023

2. Keunggulan masing-masing cawapres

Survei Cawapres: Elektabilitas Mahfud MD Kalahkan RK, Gibran dan ErickMenteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (MenkoPolhukam) Mahfud MD di Rumah Sakit Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan (IDN Times/Lia Hutasoit)

Robi mengatakan, Mahfud memperoleh elektabilitas tertinggi karena sepak terjangnya pada isu-isu pro publik yang mendapatkan perhatian masyarakat.

"Di antaranya seperti kasus Sambo dan Brigadir J; transaksi janggal di Kementerian Keuangan; mendampingi siswa Bernama Syarifah Fadiyah yang dipolisikan oleh Pemkot Jambi karena diduga mengkritik; kasus Ponpes Azaitun pimpinan Panji Gumilang; dan lain sebagainya," tutur dia.

Menurutnya, Mahfud berpotensi menjadi bakal cawapres mendampingi Ganjar Pranowo. Posisi Mahfud dinilai bisa mendongkrak elektoral Ganjar karena kepercayaan publik tinggi dan mampu memperkuat basis pemilih dari Jawa Timur serta kelompok Nahdlatul Ulama.

"Karena Mahfud diyakini merepresentasikan itu untuk memecah mobilisasi pemilih hanya ke Muhaimin Iskandar yang saat ini sudah definitif menjadi Cawapres dari Capres Anies Baswedan," ucap dia.

Sementara itu, Ridwan Kamil selain bisa diajukan oleh Partai Golkar yang menjadi tim koalisi Prabowo, dia juga diyakini akan memecah suara Anies Baswedan di Jawa Barat.

Kemudian, Gibran merupakan putra dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Jika namanya masuk dan dipilih sebagai cawapres Prabowo atau Ganjar, maka akan menguatkan suara Jokowi untuk Pilpres 2024.

"Di mana Jokowi masih memegang kendali dari berbagai pendukungnya, termasuk kepuasan publik yang masih tinggi pada kinerjanya, juga militansi tim relawannya yang masih solid dan kuat," ungkap Robi.

Lalu, nama Erick Thohir punya jejak rekam yang baik soal pemulihan ekonomi, Erick juga dipercayai oleh Jokowi.

3. Survei periode 7 sampai 16 September 2023

Survei Cawapres: Elektabilitas Mahfud MD Kalahkan RK, Gibran dan ErickIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Untuk diketahui, survei digelar pada 7 sampai 16 September 2023. Pembuatan polling dilakukan oleh Senopati Syndicate dengan merekrut 100 orang sukarelawan di mana mereka menyebarkan angket polling ke banyak group di sosial media seperti Facebook, Whatsapp, Telegram, hingga TikTok.

"Adapun responden survei ini jumlah totalnya jumlah 135.000 responden," imbuh Robi.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya