Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Ganjar: Itu Biasa-Biasa Saja

Ganjar sampaikan selamat

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024. Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, merespons santai terkait hal tersebut.

Ganjar kemudian teringat ketika Presiden Joko "Jokowi" Widodo maju sebagai capres di Pilpres 2014. Ketika itu, banyak parpol yang melabuhkan dukungannya kepada Prabowo Subianto.

Saat itu Koalisi Merah Putih milik Prabowo-Hatta Radjasa juga didukung Partai Golkar dan PAN, bersama Gerindra, PKS, PPP, PBB. Sementara, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla diusung PDIP bersama NasDem, PKB, PKP, dan Hanura. Hasilnya, Jokowi-JK keluar sebagai pemenang di Pilpres 2014-2019.

“Jadi menurut saya itu biasa-biasa saja dan kisah ini pun pernah terjadi pada saat 2014 kalau tidak salah. Saat itu yang mendukung lawannya Pak Jokowi itu juga sama, mereka semua berbondong-bondong ke sana dan kejadian ini kita catat dalam perjalanannya dan selalu ada dinamika yang berubah,” ujar Ganjar dalam keterangannya, Minggu (13/8/2023).

Baca Juga: Zulhas: Tak Ada Arahan Jokowi Dukung Prabowo, Ini Keputusan Bersama

1. Koalisi parpol merupakan hal biasa

Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Ganjar: Itu Biasa-Biasa SajaBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, partai berkoalisi untuk mendukung salah satu orang yang akan diusung menjadi calon presiden merupakan hal biasa. Menurutnya, hal tersebut harus terjadi di negara demokrasi.

“Dalam proses demokrasi sebenarnya itu biasa saja dan saya sangat menghormati sikap masing-masing partai. Pasti beliau-beliau juga sudah memberikan keputusan, sudah punya catatan-catatan harus merapat ke mana,” ucap dia.

Baca Juga: Golkar dan PAN Beri Dukungan, Prabowo: Kami Lanjutkan Program Jokowi

2. Semua parpol masih melakukan komunikasi politik

Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Ganjar: Itu Biasa-Biasa SajaBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan, semua parpol saat ini masih melakukan komunikasi politik. Sebab, politik menuju Pilpres 2024 masih cair.

“Ya sekarang semuanya lagi bernegosiasi. Maka kalau ada partai merapat ke salah satu titik menurut saya itu hak politik mereka,” kata dia.

“Dan buat kita, buat kami, yang sudah mendeklarasikan tentu ini adalah bagian dari ikhtiar kita untuk berkomunikasi secara baik, baik yang sudah mendukung maupun yang belum dan suasananya masih sangat cair sekali,” sambungnya.

3. Ganjar ucapkan selamat

Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Ganjar: Itu Biasa-Biasa SajaGanjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Lebih lanjut, Ganjar menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto yang telah mendapat dukungan dari Golkar dan PAN. Saat ini, Prabowo mendapat dukungan dari Gerindra, PKB, PBB, Golkar dan PAN untuk maju di Pilpres 2024.

"Saya ucapkan selamat sudah bergabung (ke koalisi Prabowo), ini proses demokrasi yang biasa saja, dan tentu saja yang paling penting adalah bagaimana kita menjaga demokrasi berjalan dengan baik, apa yang mesti kita bereskan dari persoalan bangsa dan negara ini,” imbuhnya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya