Comscore Tracker

Hasto Bawa Pesan dari Megawati untuk Kader PDIP: Partai Tidak Tidur

Kader PDIP harus menjalankan tradisi intelektual Bung Karno

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto membawa pesan dari Ketua Umum PDIP Perjuangan, Megawati Soekarnoputri kepada para kader PDIP. Pesan tersebut disampaikan Hasto dalam acara Pendidikan Karakter Pratama (PKP), di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Tadi pagi saya melaporkan ke ibu ketua umum, dan beliau berpesan sebagai partai, kita tidak pernah tidur. Sebagai partai kita terus mencermati dinamika rakyat, sebagai partai kita diajarkan konteks sosial dan politik, bahkan dinamika politik internasional harus kita cermati terus menerus. Agar partai tetap mampu memberikan arah bagi perjalanan bangsa dan negara ke depan,” ujar Hasto, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: Hasto Ajak Kader PDIP Bela Jokowi Bila Ada Tuduhan Pemilu 2024 Curang 

1. Kader PDIP harus jalankan tradisi intelektual Bung Karno

Hasto Bawa Pesan dari Megawati untuk Kader PDIP: Partai Tidak TidurSekjen PDIP, Hasto Kristiyanto beri pengarahan di acara Pendidikan Kader Pratama (PKP) di Sekolah Partai PDIP (IDN Times/Ilman)

Hasto mengatakan, kader PDIP harus menjalankan tradisi intelektual Presiden pertama Indonesia, Sukarno atau Bung Karno. Menurutnya, setiap kader PDIP harus memiliki society view, national view, dan international view.

Dia menjelaskan, society view adalah adalah pemahaman terhadap apa yang dirasakan masyarakat. Kemudian national view adalah memandang konteks nasional. Sementara, worldwide view adalah cara pandang atas apa yang terjadi di tingkat dunia.

Hasto memberi contoh keputusan Pemerintah Jokowi menaikkan harga BBM. Society view menunjukkan bahwa kenaikan harga itu akan memberi dampak pada kenaikan harga sejumlah barang. National view menunjukkan bahwa Pemerintahan Jokowi berusaha menperkuat kedaulatan energi nasional lewat pengambilalihan Blok Rokan Dan Blok Mahakam. Sementara worldwide view menunjukkan bagaimana konflik di Rusia-Ukraina telah memberi dampak terhadap bagian dunia lain, dan termasuk memicu kenaikan harga minyak dunia.

“Sebagai kader partai kita tidak boleh melupakan sedikitpun tentang apa yang terjadi di tengah rakyat atau society view, apa yang terjadi di nasional atau national view, apa yang terjadi di dunia atau worldwide view, itulah yang diajarkan bung Karno untuk dipahami kader PDI Perjuangan,” kata Hasto.

Baca Juga: Beberkan Cara PDIP Menangkan Pemilu 2024, Hasto: Jangan Menakuti Rakyat

2. Hasto singgung ada pemimpin yang suka bicara kecurangan pemilu

Hasto Bawa Pesan dari Megawati untuk Kader PDIP: Partai Tidak TidurSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Hasto kemudian menyindir ada seorang pemimpin yang sibuk bicara kecurangan pemilu.

"Kalau pemimpin bicaranya ini terjadi kecurangan pemilu, ini ada kecurangan pemilu, padahal pemilunya saja belum berjalan. Tapi akhirnya sudah dijawab beliau sendiri, karena beliau mengatakan yang sering melakukan kecurangan pemilu, dahulunya melakukan kecurangan," ucap dia.

3. Hasto ajak kader PDIP membela bila ada tuduhan kecurangan pemilu diarahkan ke Jokowi

Hasto Bawa Pesan dari Megawati untuk Kader PDIP: Partai Tidak TidurSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Hasto mengajak kader PDI Perjuangan untuk membela bila ada tuduhan kecurangan pemilu diarahkan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Hasto kemudian menyebut, pihak yang menuduh Pemilu 2024 akan ada kecurangan itu adalah Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Jadi, meskipun saat ini ada yang mengatakan pemilu curang, kita diam, tetapi ketika itu ditujukan kepada Pak Jokowi yang tugasnya saat ini berat. Kita membela Pak Jokowi saudara sekalian. Nah itu. Cuma jangan emosi," kata dia.

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya