Jika Jadi Cawapres, Erick Thohir Bisa Tarik Suara Pendukung Jokowi

Erick dianggap sebagai orangnya Jokowi

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi menilai jika elektabilitas Erick Thohir yang diisukan menjadi calon wakil presiden, semakin naik. Menurut dia, Menteri BUMN itu bakal menjadi cawapres yang bisa menjadi magnet suara pendukung Jokowi.

Menurutnya, Erick Thohir dianggap sebagai orangnya Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

“Masyarakat juga tahu yang kalau Erick Thohir ini president’s man atau orangnya presiden, saat dinamika Piala Dunia U-20 terjadi Erick Thohir juga berada di sampingnya Presiden Jokowi. Hal ini menjadi salah satu variabel yang kami temukan,” ujar Burhanuddin, Selasa (2/5/2023).

1. Erick Thohir juga dianggap disukai oleh pecinta sepak bola

Jika Jadi Cawapres, Erick Thohir Bisa Tarik Suara Pendukung JokowiMenteri BUMN Erick Thohir (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Lebih lanjut, Burhanudin menganggap Erick saat ini disukai pencinta sepak bola Indonesia. Terlebih, ketika Erick dianggap berhasil karena Indonesia terbebas dari sanksi FIFA usai dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Erick Thohir berhasil mengambil hati dari pencinta sepak bola juga di Indonesia. Hal ini membuat dinamika positif di elektabilitas Erick Thohir,” ucap dia.

Selain itu, eks pemik Inter Milan tersebut juga dianggap berhasil menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca Juga: Poltracking: Erick Thohir-Sandiaga-RK Berpeluang Jadi Cawapres

2. Erick Thohir dinilai capres potensial dampingi Ganjar Pranowo

Jika Jadi Cawapres, Erick Thohir Bisa Tarik Suara Pendukung JokowiMenteri BUMN Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam kampanye "Girls Take Over" di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (27/9/2021) - (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Sebelumnya, pengamat politik, M. Qodari, menilai, Erick Thohir merupakan cawapres potensial untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, menyusul pertemuan pimpinan PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Sebab, kata Qodari, Erick merupakan anggota kehormatan Banser. Hal itu cocok karena PPP juga merupakan partai yang lahir dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

“PDIP melihat ke depan dalam kerja sama ini, mereka membutuhkan kader NU. Kerja sama PDIP dan PPP menguatkan tesis saya terkait kebutuhan kader NU pada Pilpres 2024 dan menurut saya yang potensial dari keluarga besar NU, dari nama-nama yang disebutkan oleh Presiden Jokowi adalah Erick Thohir,” ujar Qodari pada Senin 1 Mei 2023.

3. Erick Thohir dianggap punya bekal gaet suara NU

Jika Jadi Cawapres, Erick Thohir Bisa Tarik Suara Pendukung JokowiMenteri BUMN Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam kampanye "Girls Take Over" di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (27/9/2021) - (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Qodari menilai, Erick memiliki bekal untuk menggaet suara NU. Salah satunya, Erick sukses sebagai Ketua Steering Committee (SC) dalam penyelenggaraan hari lahir 1 Abad NU. 

Qodari juga menilai, Presiden Joko "Jokowi" Widodo tak akan keberatan apabila nantinya Erick Thohir maju sebagai cawapres Ganjar. 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Erick Thohir Dinilai Cawapres Potensial Ganjar Usai PDIP-PPP Bertemu

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya