Erick Thohir Dinilai Cawapres Potensial Ganjar Usai PDIP-PPP Bertemu

Erick Thohir merupakan anggota kehormatan Banser

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik, M. Qodari, menilai, Erick Thohir merupakan calon wakil presiden (cawapres) potensial untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 menyusul pertemuan pimpinan PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Sebab, kata Qodari, Erick merupakan anggota kehormatan Banser. Hal itu cocok karena PPP juga merupakan partai yang lahir dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

“PDIP melihat ke depan dalam kerja sama ini, mereka membutuhkan kader NU. Kerja sama PDIP dan PPP menguatkan tesis saya terkait kebutuhan kader NU pada Pilpres 2024 dan menurut saya yang potensial dari keluarga besar NU, dari nama-nama yang disebutkan oleh Presiden Jokowi adalah Erick Thohir,” ujar Qodari, Senin (1/5/2023).

Baca Juga: Poltracking: Erick Thohir-Sandiaga-RK Berpeluang Jadi Cawapres

1. Erick dianggap punya bekal gaet suara NU

Erick Thohir Dinilai Cawapres Potensial Ganjar Usai PDIP-PPP BertemuMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Qodari menilai, Erick memiliki bekal untuk menggaet suara NU. Salah satunya, Erick sukses sebagai Ketua Steering Committee (SC) dalam penyelenggaraan hari lahir 1 Abad NU. 

Qodari juga menilai, Presiden Joko "Jokowi" Widodo tak akan keberatan apabila nantinya Erick Thohir maju sebagai cawapres Ganjar. 

Baca Juga: Megawati Kantongi 10 Nama Cawapres untuk Ganjar 

2. Nama Erick dianggap unggul dari kader NU lainnya

Erick Thohir Dinilai Cawapres Potensial Ganjar Usai PDIP-PPP BertemuKetua Umum PSSI, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Lebih lanjut, Qodari menilai, nama Erick lebih unggul dari kader NU lainnya. Dia menyebut, Erick Thohir masuk dalam papan atas survei sebagai cawapres.

"Kalau melihat NU salah satu nama yang potensial dan paling lengkap ada nama Erick Thohir untuk Ganjar Pranowo,” kata dia.

Baca Juga: Bukan dengan Sandiaga, Ganjar Unggul saat Gandeng Erick Thohir

3. Megawati kantongi 10 nama cawapres untuk Ganjar

Erick Thohir Dinilai Cawapres Potensial Ganjar Usai PDIP-PPP BertemuKetua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (dok. PDIP)

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri telah mengantongi 10 daftar nama yang akan menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo.

Megawati menyebut, nantinya 10 nama tersebut akan dikerucutkan menjadi satu nama sebagai cawapres setelah menjalani kontemplasi.

“Ini kereta saya sudah banyak yang mau naik. Jadi tunggu saja. Banyak kok, saya punya di sini 10 atau berapa, nanti mengerucut sendiri oleh pikiran saya,” kata Mega setelah melakukan pertemuan dengan elite PPP di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu (30/3/2024).

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Baca Juga: PPP Temui Ketum PDIP Megawati Bahas Kerja Sama Menuju Pilpres 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya