Poltracking: Erick Thohir-Sandiaga-RK Berpeluang Jadi Cawapres

Elektabilitas Erick Thohir menguat

Jakarta, IDN Times - Survei Poltracking mencatat lima nama potensial yang kemungkinan bakal digandeng sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dalam Pilpres 2024.

Survei dilakukan pada April 2023 melibatkan 1.220 responden di 34 provinsi. Margin of error survei sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut nama-nama yang punya kans sebagai cawapres

Baca Juga: Poltracking: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar, Anies Merosot

1. Erick Thohir ungguli Sandiaga Uno

Poltracking: Erick Thohir-Sandiaga-RK Berpeluang Jadi CawapresMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. (dok. Kemenparekraf)

Dalam survei tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir unggul dari Menteri Parekraf Sandiaga Uno. Erick Thohir dengan elektabilitas 17,1 persen unggul dari Sandiaga Uno 15,5 persen di posisi dua.

Pada posisi tiga ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 13,5 persen, disusul Menko Polhukam Mahfud MD di posisi empat dengan 7,8 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 7,7 persen di posisi lima.

“Erick Thohir di posisi pertama dengan elektabilitas 17,1 persen, bersaing dengan Sandiaga Uno 15,5 persen,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, Jumat (28/4/2023).

Baca Juga: Ganjar Ketemu Sandiaga Uno di Semarang, Kita Selalu Cocok!  

2. Elektabilitas Erick Thohir, Sandiaga dan Mahfud cenderung naik

Poltracking: Erick Thohir-Sandiaga-RK Berpeluang Jadi CawapresMenko Polhukam, Mahfud MD (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Dalam survei tersebut, tercatat Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Mahfud MD cenderung mengalami kenaikan.

“Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Mahfud MD cenderung mengalami kenaikan, sementara Ridwan Kamil dan AHY cenderung mengalami penurunan,” tutur Hanta.

Erick Thohir pada survei Februari berada di angka elektabilitas 16,5 persen, Maret 16,7 persen, dan April 17,1 persen.

Sandiaga Uno, meski berada di posisi ke dua justru mengalami kenaikan signifikan. Pada Februari elektabilitas Sandiaga 11,9 persen, Maret 13 persen, dan April 15,5 persen.

Mahfud MD dalam bursa cawapres di posisi lima besar namun dengan elektabilitas yang meningkat tajam. Pada Februari elektabilitas 4,8 persen, Maret 5,5 persen, dan April 7,8 persen.

Baca Juga: Menguat di 2024, Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Panutan Anak Muda

3. Survei capres, Prabowo menguat

Poltracking: Erick Thohir-Sandiaga-RK Berpeluang Jadi CawapresPrabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawaninstagram.com/ganjar_pranowoIDN Times/Reynaldy Wiranata)

Poltracking juga merilis survei capres. Terdapat tiga calon potensial maju Pilpres 2024 yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Jika membandingkan dari hasil survei Poltracking pada Februari-Maret-April, tercatat elektabilitas Prabowo cenderung mengalami peningkatan.

Pada Februari elektabilitas Prabowo berada di angka 26,1 persen, meningkat pada Maret di 27,2 persen, dan April 33 persen.

Sementara Ganjar cenderung menurun pada April ini. Elektabilitasnya pada Februari 34,6 persen, Maret 36,9 persen, dan terbaru 31,1 persen.

Elektabilitas bakal capres Koalisi Perubahan dan Perbaikan (KPP) Anies Baswedan cenderung menurun namun tetap di angka 20 persen. Pada Februari elektabilitas Anies 24,4 persen, Maret 21,3 persen, dan April 22,4 persen.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya