Jokowi Belum Terima 3 Nama Calon Pj Gubernur Jawa Barat

Jokowi pastikan pemilihan Pj Gubernur terbuka

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo belum menerima tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat. Tiga nama calon Pj Gubernur Jawa Barat sudah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPRD Jawa Barat.

"Belum sampai ke saya. Iya sudah ada, tapi belum sampai ke saya. Nama-namanya saya belum tahu, yang jelas 3. Yang dari DRPD dari bawah ada 3," ujar Jokowi di Sukabumi, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap 3 Nama Calon Pj Gubernur Jabar, Ada Orang Istana

1. Jokowi: Pj Gubernur dipilih bukan dari Istana

Jokowi Belum Terima 3 Nama Calon Pj Gubernur Jawa BaratPresiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi menjelaskan Pj Gubernur dipilih bukan dari Istana. Menurutnya, nama-nama yang ada berasal dari daerah, kemudian diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan hasil akhirnya disetujui oleh Pemerintah Pusat.

"Apanya yang gak akuntabel? Apanya yang gak transparan? Wong masukannya dari bawah semua, kan dari daerah ke Kemendagri, terus naik ke kita, TPA (Tim Penilai Akhir). Semuanya terbuka," ucap dia.

Baca Juga: Intip Rekam Jejak Tiga Calon Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil

2. Ridwan Kamil beberkan tiga nama calon Pj Gubernur Jawa Barat

Jokowi Belum Terima 3 Nama Calon Pj Gubernur Jawa BaratGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Masa jabatan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat akan berakhir pada 5 September 2023. Ridwan Kamil mengungkapkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat.

"Saya kan yang digantikan, jadi saya tidak punya hak lagi mengomentari, mengusulkan, gak ada lagi," ujar Ridwan Kamil di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil membeberkan tiga nama Pj Gubernur Jawa Barat. Ketiganya adalah Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Macmudin. Kemudian ada Direktorat Jenderal Perundangan Kemenkumham, Asep Mulyana dan Guru Besar Universitas Padjadjaran Bandung, Keri Lestari.

Namun, Ridwan Kamil mengaku tak bisa berkomentar terkait siapa yang paling cocok menjadi Pj Gubernur Jawa Barat menggantikannya.

"Saya gak boleh komentar atuh," ucap dia.

3. Tiga calon Pj Gubernur Jawa Barat sudah diuji kelayakan oleh DPRD

Jokowi Belum Terima 3 Nama Calon Pj Gubernur Jawa BaratGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ridwan Kamil mengatakan, tiga calon Pj Gubernur Jawa Barat sudah menjalani uji kelayakan dan kepatutan oleh DPRD Jawa Barat.

"Sudah diuji oleh DPRD," kata dia.

Baca Juga: Investasi Asing di Jawa Barat Belum Menyerap Tenaga Kerja Lokal

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya