Jokowi Kunjungan Kerja ke Asia Timur, Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden

Ma'ruf Amin jadi Plt Presiden sampai 29 Juli 2022

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Senin (25/7/2022), berangkat ke kawasan Asia Timur untuk melakukan kunjungan kerja. Tiga negara yang dituju Jokowi adalah China, Jepang, dan Korea Selatan.

Selama Jokowi kunjungan kerja ke Asia Timur, Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, menjadi pelaksana tugas (Plt) Presiden. Penunjukkan tugas itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 14 Tahun 2022, tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden.

1. Ma'ruf Amin jadi Plt Presiden sampai 29 Juli 2022

Jokowi Kunjungan Kerja ke Asia Timur, Ma'ruf Amin Jadi Plt PresidenPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu di Istana Merdeka pada Senin (9/5/2022). (dok. Setwapres)

Dalam surat keputusan itu disebutkan, Ma'ruf Amin akan menjadi Plt Presiden hingga 29 Juli 2022. Namun apabila ada hal lain, maka akan dibuat Keppres baru.

"Apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden, wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden," tulis Keppres tersebut.

Setelah Jokowi kembali ke Indonesia, tugas Plt Presiden yang diemban Ma'ruf Amin akan selesai.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Presiden China Xi Jinping, Hasilkan 7 Kesepakatan Ini!

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Jepang Setelah Bertemu Xi Jinping 

2. Jokowi kini ada di Tokyo

Jokowi Kunjungan Kerja ke Asia Timur, Ma'ruf Amin Jadi Plt PresidenPresiden Jokowi tiba di Tokyo, Jepang untuk melakukan kunjungan kerja (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi terbang ke Tokyo, Jepang pada Selasa (26/7/2022). Jokowi berangkat ke Tokyo melalui Bandara Beijing Capital International Airport.

Keberangkatan Jokowi ke Jepang setelah melakukan rangkaian pertemuan dengan Perdana Menteri China, Li Keqiang dan Presiden China, Xi Jinping.

Jokowi bersama rombongan terbang ke Jepang menggunakan Pesawat Garuda Indonesia GIA-1. Jokowi berangkat dari Beijing sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

3. Jokowi tiba di Tokyo melalui Bandara Haneda

Jokowi Kunjungan Kerja ke Asia Timur, Ma'ruf Amin Jadi Plt PresidenPresiden Jokowi tiba di Tokyo, Jepang untuk melakukan kunjungan kerja (dok. Sekretariat Presiden)

Setelah menempuh waktu beberapa jam, Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Haneda, Tokyo, Rabu (27/7/2022), pukul 00.30 waktu setempat.

Kedatangan Jokowi disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Jepang, Miyake Shingo; Duta Besar (Dubes) Jepang untuk RI, Kanasugi Kenji dan Ibu Kanasugi Yasuko; Dubes RI untuk Tokyo, Heri Akhmadi dan Ibu Nuning Wahyuniati; Atase Pertahanan KBRI Tokyo, Kolonel Andi Nur Abadi dan Ibu Andi Rehan Nurjanah, serta Dirjen/Asisten Menteri untuk Urusan Asia Tenggara dan Asia Barat Daya Kementerian Luar Negeri Jepang, Kano Takehiro.

Dalam kunjungan kerja ke Tokyo, Jokowi didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

Baca Juga: Perkuat Ekonomi, Jokowi Bakal Kunjungi 3 Negara Asia Timur

Baca Juga: Jokowi Terbang ke China, Mau Bahas Apa?

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya