Jokowi Segera Kirim Calon Pengganti Lili Pintauli ke DPR

Jokowi terima surat pengunduran diri Lili pekan lalu

Subang, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku masih memproses siapa nama yang akan menggantikan Lili Pintauli Siregar sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jokowi mengatakan, dirinya baru menyetujui persetujuan pengunduran diri Lili.

"Masih dalam proses untuk pengganti dari Bu Lili Pintauli, masih dalam proses. Karena kan baru saja surat pemberhentiannya minggu yang lalu sudah saya tandatangani," ujar Jokowi saat kunjungan ke Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Dewas: Lili Pintauli Siregar Bukan Insan KPK Lagi

1. Jokowi bakal serahkan nama pengganti Lili ke DPR

Jokowi Segera Kirim Calon Pengganti Lili Pintauli ke DPRPresiden Jokowi di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Subang, Jawa Barat (IDN Times/Ilman Nafian)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyatakan dirinya akan segera mengirimkan pengganti Lili ke DPR RI. Namun, Jokowi tak menjelaskan secara rinci kapan penyerahan itu dilakukan.

"Kami akan segera mengajukan (penggantinya) ke DPR, secepatnya," ucap dia.

Baca Juga: Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Disebut Mundur, Firli: Serahkan ke Dewas

2. Dewas: Lili Pintauli Siregar bukan insan KPK lagi

Jokowi Segera Kirim Calon Pengganti Lili Pintauli ke DPRIDN Times/Santi Dewi

Dewan Pengawas batal mengadili Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam dugaan pelanggaran etik, berupa penerimaan fasilitas hingga tiket menonton MotoGP Mandalika dari PT Pertamina. Sebab, ia sudah menyatakan mundur dari kursi pimpinan dan Presiden Jokowi telah menerimanya.

"Jadi dengan adanya Keppres, tentunya dia bukan lagi sebagai insan KPK, sehingga tidak dapat dipertanggungjawabkan lagi melanggar kode etik, sesuai kode etik yang ada pada KPK," ujar Ketua Majelis Etik Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean dalam konferensi pers di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Senin (11/7/2022).

Baca Juga: Mengingat Pesan Usang Antikorupsi Lili Pintauli yang Mundur dari KPK 

3. Surat pengunduran diri Lili disampaikan pertama kali oleh Stafsus Mensesneg

Jokowi Segera Kirim Calon Pengganti Lili Pintauli ke DPRWakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (IDN Times/Santi Dewi)

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini mengatakan, surat pengunduran diri Lili sudah diterima Presiden Jokowi.

"Surat pengunduran diri Lili Pintauli Siregar telah diterima oleh Presiden Jokowi," ujar Faldo kepada wartawan, Senin (11/7/2022).

Faldo mengatakan, Jokowi pun sudah menyetujui Lili mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua KPK.

"Presiden Jokowi sudah menandatangani Keppres Pemberhentian LPS. Penerbitan Keppres tersebut merupakan prosedur administrasi yang disyaratkan dalam Undang-Undang KPK," ucap dia.

Diketahui, Lili dilaporkan atas kasus gratifikasi karena diduga menerima fasilitas menonton MotoGP Mandalika dari Pertamina.

Lili juga sebelumnya pernah dinyatakan melanggar etik, karena berkomunikasi dengan pihak beperkara yakni mantan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial. Setelah menjalani sidang kode etik di Dewan Pengawas, Lili Pintauli dinyatakan terbukti bersalah.

Akibat perbuatannya, gaji Lili dipotong 40 persen selama 12 bulan. Karena dipotong, ia hanya mendapat gaji pokok Rp2.772.000 selama 12 bulan. Meski begitu, ia tetap menerima sejumlah tunjangan senilai Rp107.971.250.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya