Kabar Gembira, AQL Peduli Sediakan Isi Ulang Tabung Oksigen Gratis

Targetkan isi ulang 140 tabung ukuran 1 meter kubik

Jakarta, IDN Times - Lembaga kemanusiaan AQL Peduli meresmikan depo isi ulang tabung oksigen gratis. Depo tersebut berada di Tebet, Jakarta Selatan.

Pembina AQL Peduli Ustaz Bachtiar Nasir (UBN) mengatakan, depo isi ulang tabung oksigen gratis diperuntukkan kepada masyarakat yang terdampak pandemik COVID-19. Sebab, beberapa waktu terakhir masyarakat kesulitan mendapat isi ulang tabung oksigen.

Penyediaan depo ini merupakan satu dari sekian bantuan yang diberikan AQL Peduli di masa pandemik COVID-19. Bachtiar mengatakan, pihaknya juga sudah memberi bantuan dengan membagikan Alat Pelindung Diri (APD), penyemprotan disinfektan, vaksinasi massal, dan serbuan tabung oksigen di beberapa kota.

Baca Juga: Ini Persyaratan Pasien Positif COVID-19 yang Dirawat di Rumah Oksigen

1. Targetkan isi ulang 140 tabung ukuran 1 meter dalam sehari

Kabar Gembira, AQL Peduli Sediakan Isi Ulang Tabung Oksigen GratisAntrean tabung oksigen di salah satu tempat pengisian oksigen medis di Kota Yogyakarta (IDN Times/Paulus Risang

Bachtiar berharap depot isi ulang tabung oksigen ini dapat membantu masyarakat. Terlebih, pasien isolasi mandiri (isoman) yang membutuhkan tabung oksigen.

“Untuk semuanya berkelanjutkan kita mendirikan depot oksigen gratis, supaya bisa banyak dan setiap hari orang datang untuk mengisi oksigen untuk saudara kita yang masih Isoman,” ujar UBN, Jumat (6/8/2021).

Bachtiar mengatakan, pada tahap awal AQL Peduli menargetkan pengisian 140 tabung oksigen berukuran 1 meter kubik per hari. Relawan juga disiagakan di lokasi untuk membantu isi ulang.

“Untuk sekarang ini memang kita prioritaskan untuk saudara-saudara kita yang isoman yang merasakan sesak, tetapi tidak menutup kemungkinan kita juga membuka untuk umum khususnya saudara-saudara kita yang sudah swab lalu dia positif atau terpapar itu boleh,” ujarnya.

Baca Juga: Oksigen buat Pasien COVID di Papua Barat Langka, BNPB Kirim 50 Tabung

2. Harap tak akan timbulkan kerumunan

Kabar Gembira, AQL Peduli Sediakan Isi Ulang Tabung Oksigen GratisPeresmian depot oksigen gratis AQL. (dok. AQL peduli)

Lebih lanjut, Bachtiar berharap tak menimbulkan kerumunan dengan adanya depot isi ulang tabung oksigen gratis ini. Dia juga meminta kepada masyarakat yang datang untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi selama orang membutuhkan oksigen insyaallah kita akan siap sediakan,” katanya.

3. Anies Bakal Pakai 138 Tabung Oksigen Sitaan Polisi untuk Warga Isoman

Kabar Gembira, AQL Peduli Sediakan Isi Ulang Tabung Oksigen GratisIlustrasi Tabung Oksigen. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima 138 tabung oksigen hasil penimbunan yang berhasil diungkap oleh Polres Jakarta Pusat. Penyerahan dilakukan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran ke Pemprov DKI Jakarta dan akan digunakan untuk fasilitas kesehatan di ibu kota serta isolasi mandiri.

"Kita berharap nantinya bisa langsung kita manfaatkan, sehingga warga Jakarta yang menjalani isolasi mandiri khususnya dan yang di tempat-tempat fasilitas kesehatan yang tidak memiliki distribusi oksigen secara tersentral akan bisa langsung memanfaatkan," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (27/7/2021).

Anies mengungkapkan bahwa kebutuhan akan oksigen di Jakarta terbilang cukup tinggi, bukan hanya di rumah sakit namun juga bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri.

"Tabung seperti ini ukurannya kecil mudah untuk ditransportasikan mudah untuk digunakan di fasilitas-fasilitas seperti di rumah,” kata dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya