Kawal Pembangunan, Jokowi Bakal Kunjungi IKN Setiap 3 Bulan

Jokowi minta Istana Kepresiden di IKN selesai dibangun 2024

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan proses pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dimulai pada tahun ini. Prioritas utama pembangunan yakni, Istana Kepresidenan, Istana Wakil Presiden hingga empat Kementerian Koordinator.

Basuki mengatakan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga meminta pembangunan Istana Kepresiden di IKN selesai pada 2024. Jokowi pun akan melakukan pengawasan secara langsung.

"Mungkin 3 bulan sekali beliau (Jokowi) akan ke sana, untuk beri semangat dan menghangatkan terus, supaya orang yakin kita mau pindah," ujar Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/7/2022).

Baca Juga: Kegiatan di IKN, Presiden Kunjungi Titik Nol IKN di Sepaku PPU

1. Pemerintah akan tanda tangan kontrak kerja sama dengan kontraktor pada 15 Juli 2022

Kawal Pembangunan, Jokowi Bakal Kunjungi IKN Setiap 3 BulanSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Basuki mengatakan, pemerintah juga akan melakukan penandatanganan kontrak dengan kontraktor pada 15 Juli 2022. Ada sejumlah proyek yang akan dikerjakan dalam kerja sama itu.

"Dari 15 Juli ini, land development sudah tanda tangan kontrak, kemudian nanti ada jalan tol, jalan nasional dari Pulau Balang sampai ke IKN, kemudian jalan kawasannya sendiri dari jalan nasional itu ke arah titik nol dan istana, kemudian istana dan kantor presiden. Kemudian Kemenko, empat kemenko sudah kita mulai bangun," kata dia.

Basuki mengatakan, penandatanganan kontrak itu tidak hanya dilakukan dalam satu waktu. Ada beberapa kali proses penandatanganan.

"Nanti tanda tangannya sampai dengan Juli, Agustus, September, Oktober itu penandatanganan kontrak. Sekarang sedang dilelang, karena lelangnya itu design and build, jadi kita yang kita siapkan basic design-nya. Nanti pemenangnya akan mendetail design-kan dan membangun jadi lebih cepat. Itu namanya design and build, rancang bangun," ucap dia.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN Berharap Masyarakat Ikut Urun Rembuk Biayai IKN

2. Penandatanganan kontrak bersama perusahaan nasional

Kawal Pembangunan, Jokowi Bakal Kunjungi IKN Setiap 3 BulanSejumlah pekerja menyelesaikan lahan yang akan menjadi lokasi Presiden Joko Widodo berkemah di titik nol kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Basuki menerangkan penandatanganan kontrak dalam periode tersebut bersama perusahaan nasional. Menurutnya, untuk perusahaan saat ini belum ada yang bekerja sama.

"Kalau asing selama ini belum ada yang mau, semua Indonesia," kata dia.

Baca Juga: KSP: Otorita IKN Langsung Operasi Usai Aturan Turunan UU IKN Terbit

3. Bulan Agustus 2022 mulai bangun hunian untuk para pekerja

Kawal Pembangunan, Jokowi Bakal Kunjungi IKN Setiap 3 BulanDesain pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di IKN Nusantara. (dok. Kementerian PUPR)

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, pada Agustus 2022, pemerintah mulai membangun hunian untuk para pekerja. Mereka yang nantinya akan membangun IKN. Jumlah mereka sekitar 200 ribu orang.

"Pekerja konstruksi, jangan sampai mereka bikin bedeng sendiri, kita siapkan rumah-rumah untuk para pekerja konstruksi itu, dapur umumnya, jadi nanti ada kedisplinan, jam 7 berangkat, jam 12 jemput makan, jam 1 berangkat. Walaupun itu bukan baru, tapi cara baru di dunia konstruksi," kata dia.

Menurutnya, semua pembangunan IKN pada 2022 ini untuk membangun dasar. Intinya, kata dia, pembangunan prioritas itu Istana Presiden, Istana Wakil Presiden hingga empat Kementerian Koordinator.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya