Kejutan di Survei LSI: Gibran Rakabuming Masuk Radar Capres 2024

Elektabilitas Gibran berada di posisi keenam

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari mengatakan ada sejumlah kejutan dalam rilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 9 April 2024 lalu. Salah satunya yakni nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka masuk sebagai radar calon presiden (capres) 2024.

Dalam survei itu, elektabilitas Gibran berada di posisi keenam di bawah Sandiaga Uno. Elektabilitas Gibran tercatat 2,7 persen.

"Ini merupakan kejutan besar karena sebelum ini nama Gibran belum pernah muncul di survei pertanyaan terbuka," ujar Qodari dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Baca Juga: LSI: Prabowo Unggul, Elektabilitas Ganjar Turun Imbas Piala Dunia U-20

1. Nama Gibran di survei Indikator Politik Indonesia tak masuk dalam radar capres 2024

Kejutan di Survei LSI: Gibran Rakabuming Masuk Radar Capres 2024Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Qodari mengatakan, nama Gibran dalam survei Indikator Politik Indonesia pada Maret 2023 tak masuk dalam radar capres 2024. Namun, dalam survei LSI terbaru, elektabilitas Gibran naik tajam menjadi 2,7 persen.

Qodari menduga, kenaikan elektabiltias Gibran terkait polemik penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20.

"Kita tahu dalam pro kontra tersebut nama Gibran menjadi sangat menonjol karena Solo di mana Gibran menjadi wali kota adalah salah satu tuan rumah dari Piala Dunia U-20 dan Gibran dengan tegas dan jelas menerima kehadiran tim Israel dan tetap mau menyelenggarakan Piala Dunia," ucap dia.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA Prediksi PAN Gagal ke Senayan, Viva Yoga Meradang

2. Turunnya elektabilitas Ganjar akibat penolakan Timnas Israel

Kejutan di Survei LSI: Gibran Rakabuming Masuk Radar Capres 2024Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Qodari menerangkan, kejutan lainnya di survei LSI yakni turunnya elektabilitas Ganjar Pranowo. Dalam simulasi tiga capres, Ganjar berada di urutan kedua dan disalip oleh Prabowo Subianto.

Padahal, kata Qodari, Ganjar di survei LSI selalu berada di puncak.

"Jadi ya memang pro kontra sepak bola ini ternyata implikasinya sangat besar, lebih besar daripada dugaan saya sendiri dari jauh-jauh hari waktu mendengar Piala Dunia batal, saat itu saya mengatakan bahwa ini akan menjadi game changer dan bisa mengubah konstelasi pilpres," kata dia.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Menurun Setelah U-20 Batal Digelar di Indonesia

3. Gibran disebut jadi the next Jokowi terkait urusan Piala Dunia U-20

Kejutan di Survei LSI: Gibran Rakabuming Masuk Radar Capres 2024Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Dengan adanya pro-kontra Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Qodari menganggap Gibran sebagai the next Jokowi. Sebab, dia satu suara dengan Jokowi dibanding Ganjar Pranowo.

"Jadi ya memang pro kontra sepak bola ini ternyata implikasinya sangat besar, lebih besar daripada dugaan saya sendiri dari jauh-jauh hari waktu mendengar Piala Dunia batal, saat itu saya mengatakan bahwa ini akan menjadi game changer dan bisa mengubah konstelasi pilpres," kata dia.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya