Kopassus dan Pasukan Khusus Thailand Latihan Bersama di Indonesia

Waktu dan tempat masih dalam proses diskusi

Jakarta, IDN Times - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD diagendakan menggelar latihan bersama (latma) dengan pasukan khusus Thailand, Royal Thai Army Special Forces, pada 2023. Danjen Kopassus, Mayjen Deddy Suryadi, mengatakan Kopassus dan Thailand sudah sering latihan bersama.

"Kami kan sudah hampir dari 2000 lah, melaksanakan kegiatan latihan bersama Thailand. Sandinya itu Latma Tiger," ujar Deddy.

Baca Juga: Danjen Kopassus Temui Kapolda Jateng: Brimob Bisa Latihan di Kopassus

1. Latihan bersama 2023 digelar di Indonesia

Kopassus dan Pasukan Khusus Thailand Latihan Bersama di IndonesiaAnggota Kopassus saat menggelar upacara di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. (ANTARA FOTO/Syaiful Hakim)

Deddy menerangkan, untuk latihan bersama 2023, akan digelar di Indonesia. Namun, dia masih enggan membeberkan lokasi latihan bersama.

"Tahun ini rencana di Indonesia. Jadi, berarti di Kopassus," kata dia.

Baca Juga: Profil Kopassus, Pasukan Elite Baret Merah Kebanggaan TNI AD

2. Waktu pelaksanaannya masih dalam proses diskusi

Kopassus dan Pasukan Khusus Thailand Latihan Bersama di IndonesiaIlustrasi pembaretan Kopassus (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Terkait dengan waktu pelaksanaannya, kata Deddy, juga masih dalam proses diskusi. Ada diskusi yang harus digelar terlebih dulu untuk mematangkan persiapan.

"Nah ini masih dalam diskusi. Namanya ada initial planning conference yang harus didiskusikan, materi, waktu, dan tempatnya," ucap dia.

3. Terus matangkan materi latihan bersama

Kopassus dan Pasukan Khusus Thailand Latihan Bersama di IndonesiaSebanyak 150 Siswa Pendidikan Komando Angkatan 103 Tahun 2019 berhak menyandang Brivet Komando dan Baret Merah. Mereka dilantik langsung oleh Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI I Nyoman saat penutupan Pendidikan Prajurit Komando di Pantai Permisan Nusakambangan, Rabu (14/8). cilacap.go.id

Lebih lanjut, Deddy mengatakan, Kopassus dan Thailand terus mematangkan materi yang akan diberikan untuk latihan bersama. Menurutnya, elite tentara Thailand juga sudah datang ke Indonesia untuk membahas hal tersebut.

"Jadi, kami yang kadang misalkan tahun ini di Indonesia, selanjutnya ke Thailand. Jadi, kemarin dalam rangka pertemuan itu ya diskusi bagaimana kerja sama militer antara Indonesia dengan Thailand, termasuk juga dengan apa yang harus kami latih, mempertimbangkan situasi dan kondisi saat ini," ujar dia.

Baca Juga: Danjen Kopassus Temui Kapolda Jateng: Brimob Bisa Latihan di Kopassus

Topik:

  • Satria Permana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya